Jumat 30 Dec 2022 17:50 WIB

Pendapatan Avatar: The Way of Water Geser Top Gun: Maverick

Pendapatan global 'Avatar: The Way of Water' tembus Rp 15,5 triliun.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Foto adegan film Avatar: The Way of Water.
Foto: Dok 20th Century Studios
Foto adegan film Avatar: The Way of Water.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendapatan Avatar: The Way of Water telah melewati angka 1,1 miliar dolar AS (Rp 15,5 triliun) di box office global. Film ini pun dinilai akan menyalip Top Gun: Maverick sebagai film rilis internasional terlaris tahun 2022. 

“Epik fiksi ilmiah arahan sutradara James Cameron menambahkan 70,4 juta dolar AS ke hadiah globalnya pada Rabu (28/12/2022) lalu. Hal itu menyisakan hasil domestik 337,8 juta dolar AS, total internasional 762,8 juta dolar AS,” demikian laporan, seperti dikutip dari laman Variety, Jumat (30/12/2022).

Baca Juga

Sementara film Top Gun: Maverick yang dibintangi Tom Cruise mencapai 770 juta dolar AS secara internasional, di mana itu jadi angka yang seharusnya dikalahkan oleh Avatar: The Way of Water pada beberapa titik sejak Kamis (29/12/2022).  Secara global, Top Gun: Maverick masih menjadi rilisan terlaris tahun ini dengan 1,5 miliar dolar AS (Rp 23,3 triliun).

Avatar: The Way of Water memiliki peluang bagus untuk mencapai tonggak sejarah itu, meskipun mungkin akan jauh dari Top Gun: Maverick dengan pendapatan kotor 718,8 juta dolar AS di Amerika Serikat. Kesuksesan Avatar datang saat box office global sedang berjuang, di mana film-film Hollywood tidak dirilis di Rusia karena invasi ke Ukraina. Kemudian China memutuskan tidak menampilkan banyak judul asing. 

Dengan berkurangnya lanskap Internasional, hanya tiga film yang dirilis pada tahun 2022 dan berhasil melampaui angka miliaran dolar. Itu mencakup Top Gun: Maverick, yang membutuhkan waktu 31 hari untuk melewati tolok ukur dan Jurassic World Dominion yang butuh waktu lebih dari empat bulan untuk bergabung dalam daftar.

Sebagai perbandingan, sembilan film yang dirilis pada 2019 melampaui 1 miliar dolar AS di seluruh dunia. Avatar: The Way of Water adalah yang tercepat mencapai sasaran sejak Spider-Man: No Way Home 2021, yang melewati angka tersebut dalam 12 hari. Hanya enam film dalam sejarah yang telah meraup 1 miliar dolar AS dalam dua pekan pertama peluncurannya. Hal itu menjadi suatu prestasi yang dicapai “Avatar” awal pekan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement