Jumat 30 Dec 2022 04:05 WIB

Arab Saudi Peringatkan Cuaca Buruk hingga Awal Tahun Depan, Termasuk di Makkah-Madinah 

Arab Saudi mengimbau warganya waspadai dampak cuaca buruk

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Tangkapan layar platform medsos Twitter menunjukkan banjir bandang melanda kota Makkah, Arab Saudi (ilustrasi). Arab Saudi mengimbau warganya waspadai dampak cuaca buruk
Foto: Tangkapan layar Twitter Middle East Eye
Tangkapan layar platform medsos Twitter menunjukkan banjir bandang melanda kota Makkah, Arab Saudi (ilustrasi). Arab Saudi mengimbau warganya waspadai dampak cuaca buruk

IHRAM.CO.ID, JEDDAH — Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi telah mengeluarkan peringatan cuaca buruk, dengan hujan sedang hingga lebat diperkirakan akan dimulai pada Kamis (29/12/2022) dan berlanjut hingga setidaknya Selasa tahun depan. 

Pusat bahkan memprediksi akan terjadi hujan es, awan debu, jarak pandang rendah, dan gelombang tinggi di sepanjang garis pantai.

Baca Juga

"Diperkirakan efek situasi akan dimulai Kamis malam dan intensitasnya akan meningkat pada hari Jumat dan Sabtu, dengan hujan dari sedang hingga lebat,” kata pusat iru dilansir dari Arab News, Kamis (29/12/2022). 

Hujan lebat ini akan terjadi di wilayah Makkah, Jeddah, Rabigh, Taif, Jamum, Al-Kamil, Bahra, Khulais, Al-Laith, Al-Qunfudhah, Al-Ardiyat, Adham Al-Baha (Al-Baha, Baljurashi, Al-Mandaq, Al-Qura, Qilwa, Al-Makhwah, Al-Aqiq, Bani Hassan, Al-Hajjrah dan Ghamid Al-Zanad, dan Asir (Al-Namas, Balqarn, Al-Majardah, Muhail, Bariq, Tanumah, Al-Barak dan Bisha). 

Daerah-daerah yang diperkirakan akan terkena dampak hujan lebat yang diperkirakan akan terjadi pada Jumat dan Sabtu meliputi wilayah Madinah (Al-Mahd, Wadi Al-Fara'), Al-Qassim (Buraidah, Unaizah, Al-Rass dan sebagian besar kegubernuran di wilayah tersebut), dan Riyadh (Riyadh, Al-Kharj, Al-Muzahimiyah, Al-Quwa'iyah, Al-Majma'ah, Al-Zulfi, Al-Ghat, Shaqra, Ramah, Al-Dawadmi, Afif, Al-Aflaj, Wadi Al-Dawasir dan Laila). 

Sedangkn hujan dengan intensitas sedang  diperkirakan akan terjadi di Provinsi Timur, termasuk Dammam, Dhahran, Khobar, Abqaiq, Al-Ahsa dan Al-Qatif. 

Mereka juga memprediksi awan petir terbentuk dalam beberapa hari mendatang di beberapa bagian Jazan, termasuk Jazan sendiri, Farasan, Fifa, Al-Khouba, Al-Ardah, Haroub, Al-Harth, Al-Da'ir, Al-Shaqiq dan Baish, dan di Najran, mempengaruhi Habbouna dan Badr Al-Janoub 

Badai petir, disertai dengan hujan sedang dan mungkin lebat yang menyebabkan banjir, akan berlanjut dari Ahad hingga Selasa di daerah-daerah ini, dan efeknya dapat meluas ke wilayah Madinah, Provinsi Timur, Provinsi Perbatasan Utara, termasuk Rafha, Arar dan Tarif, Al-Jawf, termasuk Sakaka, Dumat Al-Jandal, Al-Qurayyat dan Tabarjal, dan Tabuk. 

Baca juga: Eks Marinir yang Berniat Mengebom Masjid Tak Kuasa Bendung Hidayah, Ia pun Bersyahadat

Prakiraan awal menunjukkan kemungkinan hujan akan bertahan di sebagian besar wilayah hingga akhir pekan depan. 

Pusat itu mengimbau publik untuk memeriksa situs webnya dan akun media sosialnya untuk informasi terbaru tentang cuaca buruk dan daerah-daerah yang kemungkinan akan terkena dampak terburuk. 

Dia juga meminta semua orang untuk mengindahkan peringatan terkait cuaca dan mengikuti instruksi apa pun yang dikeluarkan pihak berwenang.

 

Sumber: arabnews  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement