Jumat 30 Dec 2022 03:25 WIB

Gerindra Kembali Perkenalkan Prabowo ke Para Kiai di Jatim untuk Pilpres 2024

Gerindra menyatakan Prabowo Subianto akan kembali maju nyapres di Pemilu 2024

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Nashih Nashrullah
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan Gerindra menyatakan Prabowo Subianto akan kembali maju nyapres di Pemilu 2024
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan Gerindra menyatakan Prabowo Subianto akan kembali maju nyapres di Pemilu 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto diketahui mendatangi sejumlah pondok pesantren di Jawa Timur dalam beberapa hari terakhir.

Selain silaturahim dengan para kiai dan ulama, momen tersebut juga menjadi ajang perkenalan diri Menteri Pertahanan itu ke masyarakat Jawa Timur. 

Baca Juga

"Apa yang dilakukan Pak Prabowo selain silaturahim, ya tentunya juga mengingatkan konstituen di Jawa Timur. Ini lho Pak Prabowo, ini lho masih mau nyapres lagi," ujar Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (29/12/2022). 

Kendati sudah melakukan safari di Jawa Timur, dia belum dapat memastikan apakah calon wakil presiden (cawapres) dari Prabowo adalah sosok yang memiliki basis suara di Jawa Timur. 

 

Pasalnya, keputusan terkait pasangan capres-cawapres berada di tangan Prabowo dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar. 

"Sudah diputuskan bahwa pembicaran capres-cawapres itu akan disampaikan oleh Pak Prabowo dan Pak Muhaimin. Nanti ditanyakan aja sama keduabelah pihak. Kalau saya tidak punya kapasitas menjawab sekarang," ujar Dasco. 

Prabowo diketahui bersilaturahim dengan sejumlah pimpinan pondok pesantren di Jawa Timur pada Senin (26/12/2022). Sejumlah kiai yang hadir di antaranya KH Nurul Huda Jazuli dan Gus Abdurrahman Kautsar dari Pondok Pesantren (Ponpes) Ploso Kediri. 

Kemudian, KH Anwar Mansur dari Ponpes Lirboyo, KH Ubaidilah Faqih dari Ponpes Langitan Tuban, dan KH Fuad Nurhasan dari Ponpes Sidogiri Pasuruan. Serta, KH Ali Masyhuri, KH Marzuki Mustamar KH Abdul Matin, dan KH Ahmad Faiz Abdul Haq dari Ponpes Nurul Jadid Probolinggo. 

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, mengatakan bahwa para kiai berpesan agar Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tetap solid. Termasuk berlanjut dalam proses pencalonan untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024. 

"Para kiai-kiai berharap agar koalisi yang dibangun antara Gerindra dan PKB dapat terus dilanjutkan dalam pencalonan ke depan. Pertemuan itu lalu ditutup dengan doa yang dipimpin Kiai Haji Nurul Huda Djazuli dari Ponpes Alfalah Plosok Kediri. Harapan kiai-kiai tersebut agar apa yang dicita-citakan bersama pada Pilpres 2024 bisa terwujud," ujar Muzani lewat keterangannya, Senin (26/12/2022).

Muzani menjelaskan, Prabowo banyak mendengarkan masukan dari para kiai yang merupakan pimpinan dari berbagai pondok pesantren di Jawa Timur. Serta berdiskusi tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa. 

"Selama ini para kiai dan NU selalu menjadi faktor penting bagi keutuhan negara. Di saat-saat yang genting kiai-kiai dan NU selalu tampil menyelamatkan negara," ujar Muzani.   

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement