Kamis 29 Dec 2022 14:27 WIB

Tagana Tangerang Siapkan 141 Personel Tangani Pengungsi

Personel khusus itu sebagai kesiapsiagaan dalam menghadapi cuaca ekstrem.

Taruna Siaga Bencana (Tagana) mengikuti pelatihan pertolongan di permukaan air (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Dedhez Anggara
Taruna Siaga Bencana (Tagana) mengikuti pelatihan pertolongan di permukaan air (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kota Tangerang, Banten menyiapkan 141 orang personel penanganan pengungsi. Personel khusus itu sebagai kesiapsiagaan pemerintah dalam menghadapi cuaca ekstrem.

"Persiapan yang dilakukan adalah ketersediaan logistik yang diperlukan bila terjadi bencana serta melakukan piket siaga banjir dari pasukan Tagana sebanyak 20 orang per hari," kata Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang, Mulyani di Tangerang, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga

Selain itu, Dinas Sosial juga menyiapkan logistik untuk keperluan personel dan bantuan kepada masyarakat terdampak jika terjadi bencana. Mulyani mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terkait kemungkinan cuaca ekstrem.

"Untuk masyarakat agar tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem ini, bilamana ada keadaan darurat bencana bisa menghubungi pasukan Tagana di wilayah masing-masing," ujarnya.

Ketua Tagana Kota Tangerang, Fathurrohman menyampaikan, 141 personel yang telah dipersiapkan terdiri dari Tagana Muda dan Tagana Senior. "Mereka telah dilatih dalam penanganan pengungsi, seperti menyiapkan dapur umum serta melakukan monitoring ke wilayah rawan bencana," kata Fathur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement