Kamis 29 Dec 2022 10:02 WIB

Universitas BSI Bekali Ilmu Video Editing Pada Program PMM PKBN 2022

Pembekalan video editing berlangsung 12 – 14 Desember 2022

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses bekali ilmu video editing kepada mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti program PMM PKBN 2022.
Foto: UBSI
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses bekali ilmu video editing kepada mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti program PMM PKBN 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses bekali ilmu video editing kepada mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti program PMM PKBN 2022 (Pertukaran Mahasiwa Merdeka Pembinaan Kesadaran Bela Negara). Pembekalan berlangsung pada 12 – 14 Desember 2022 di gedung rektorat Universitas BSI Jalan Kramat Raya No. 98, Senen, Jakarta Pusat.

Peserta yang hadir dalam praktik digital video editing ini adalah mahasiswa-mahasiswi dari perguruan tinggi mitra. Di antaranya Universitas Nusa Mandiri, Universitas Budi Luhur, dan sebagainya. Kurang lebih ada sekitar 30 perguruan tinggi yang mahasiswanya mengikuti praktik digital video editing.

Baca Juga

PIC program PMM PKBN sekaligus Ketua Program Studi Bahasa Inggris dan Sastra Inggris Universitas BSI Agus Priadi menjelaskan peranan video editor lebih luas, di mana berkaitan dengan literasi media. “Mereka menyaring informasi yang layak dan tidak bagi khalayak. Apabila didapati bagian-bagian yang tidak layak untuk dikonsumsi oleh khalayak, maka video editor dapat memilahnya terlebih dahulu,” ujar Agus.

Ia mengatakan praktik video editing ini merupakan proses penyusunan dan menata hasil rekaman video menjadi satu kebutuhan berdasarkan naskah, sehingga sebuah video memiliki satu kesinambungan dalam menyampaikan sebuah pesan. “Dapat diistilahkan video editor merupakan perpanjangan tangan dari ideologi-ideologi yang dipegang oleh suatu media untuk ditampilkan kepada khayalak. Maka dari itu, peranan seorang video editor sang gat krusial bagi suatu media karena merepresentasikan media tersebut kepada khalayak luas,” jelasnya.

Ia memaparkan tujuan diadakan praktik ini adalah untuk memberikan penjelasan mengenai digital video editing dan teknik digital video editing, mengaplikasikan teori dan ilmu yang di dapat pada masa perkuliahan ke dunia kerja. “Selain itu juga membahas tentang bagaimana mengetahui proses dan alur pascaproduksi, khususnya pada tahap editing video, mengetahui alur kerja dalam media massa, khususnya media online. Tak lupa tentang menambah pengalaman, pengetahuan pada bidang editing di dunia kerja dan memberikan kiat dalam digital video editing,” katanya.

Ia berharap seluruh peserta program PMM PKBN 2022 ini dapat mengikutinya dengan baik, terlibat aktif dalam kegiatan tersebut dan dapat memahami pemaparan materinya, serta yang terpenting adalah mereka dapat mengimplementasikan materi termasuk tips dan trik dari narasumber dalam bidang digital video editing.

Hengky Christiawan yaitu creative director dari PT Karnos Film serta aktif di berbagai bidang program video editing ini hadir membagikan keilmuannya dalam praktik digital video editing. “Zaman sudah berubah diiringi dengan kemajuan teknologi, berbagai metode editing yang dapat dilakukan,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement