Rabu 28 Dec 2022 14:24 WIB

PJ Gubernur DKI Apresiasi Peningkatan Pelayanan di Kantor Cabang BP Jamsostek

Pelayanan BP Jamsostek sudah online ke seluruh Indonesia.

Dirut BP Jamsostek Anggoro Eko Cahyo saat menjelaskan pelayanan di Kantor BP Jamsostek Cabang Rawamangun kepada Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Rabu (28/12/2022).
Foto: Dok Republika
Dirut BP Jamsostek Anggoro Eko Cahyo saat menjelaskan pelayanan di Kantor BP Jamsostek Cabang Rawamangun kepada Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Rabu (28/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Rabu (28/12/2022) pagi, menyambangi kantor BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Cabang Rawamangun, Jakarta Timur. Kedatangan Heru untuk meninjau pelayanan BP Jamsostek yang disebut mengalami peningkatan.

Mengusung konsep green design, layanan BP Jamsostek di seluruh kantor cabang kini hadir dengan tampilan yang lebih fresh dan hangat, sekaligus ramah penyandang disabilitas.

Baca Juga

"BPJS Ketenagakerjaan mendekatkan diri dengan kliennya sudah bagus. Ada tadi saya lihat salah satu pelayanannya yakni sudah online ke seluruh Indonesia," kata Heru.

Heru juga mengatakan peningkatan pelayanan ini membuat kerja sama BP Jamsostek dengan Pemprov DKI melalui Dinas Ketenagakerjaan menjadi lebih mudah.

 Heru mengapresiasi juga fitur-fitur baru layanan di Jamsostek Mobile (JMO) yang mengalami peningkatan. "Saya ucapkan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan atas inovasi-inovasinya yang cukup baik, sehingga membuat kenyamanan peserta lebih bertambah," kata Heru.

Sementara, Dirut BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo mengatakan, pihaknya menampilkan wajah baru pelayanan. Sehingga, warga DKI yang menjadi peserta BP Jamsostek bisa merasakan perubahan layanan. 

"Dan, jika ingin mendapatkan informasi dan layanan klaim bisa lebih nyaman," kata Anggoro.

Menurut Anggoro, wajah baru pelayanan BP Jamsostek ini akan ditingkatkan di seluruh Indonesia. DKI merupakan yang ke-47 dan akan ada 200-an lebih lagi peningkatan pelayanan di kantor cabang di seluruh Indonesia pada tahun depan.

"Jika peserta mendapatkan manfaat dari peningkatan pelayanan ini, maka diharapkan akan banyak lagi teman-temannya yang belum terilindungi untuk bisa bergabung menjadi peserta BP Jamsostek," kata Anggoro.

Sedangkan, Direktur Pelayanan BP Jamsostek Roswita Nilakurnia mengatakan, peningkatan pelayanan ini lebih kepada customer centr. Sehinga, pelayanan menyesuaikan dengan kemudahan informasi   kepada seluruh peserta yang disesuaikan dengan kebutuhannya.

"Misalnya bentuk pelayanan fisik yang lebih lapang, fleksibel, dan informatif," kata Roswita. 

Selain itu, ada juga pelayanan semi hybride. Yakni, peserta bisa datang dan bisa juga melalui layanan video call dan online. 

Layanan online yakni melalui verifikasi di Jamsostek Mobile. Di mana, saat ini fitur-fiturnya semakin lengkap dengan berbagai program yang dijalankan. 

 "Tadi yang kita sampaikan salah satu manfaatnya untuk DKI adalah FLPP Perumahan, yaitu KPR bersubsidi yang merupakan program pemerintah," kata Roswita.

Lebih jauh Roswita Nilakurnia menjelaskan bahwa implementasi New Service Blueprint telah dilakukan secara bertahap di 325 kantor cabang seluruh Indonesia sejak bulan maret lalu.

“Perubahan ini kami mulai dari lima kantor cabang sebagai pilot project. Selanjutnya kami melakukan renovasi total terhadap 52 kantor cabang serta perubahan sebagian di 268 cabang lainnya," ujar Roswita.

Perubahan yang dilakukan berfokus pada customer centric, sesuai dengan kebutuhan para peserta yang menginginkan layanan yang modern, informatif dan mudah diakses. 

Tidak hanya dari sektor fisik, BPJS Ketenagakerjaan juga melakukan transformasi layanan dengan simplifikasi proses klaim melalui Jamsostek Mobile (JMO) yang berhasil memangkas proses klaim dari lima hari menjadi hanya 15 menit

Aplikasi tersebut terus dikembangkan dengan penambahan berbagai fitur yang dapat memenuhi kebutuhan peserta diantaranya fitur manfaat layanan tambahan perumahan pekerja yang diperuntukan bagi pekerja yang membutuhkan fasilitas pembiayaan perumahan, fitur alternatif penyediaan pinjaman konsumtif kepada peserta, serta beragam fitur lain diantaranya fitur promo, fitur streaming, fitur e-wallet, fitur top-up  hingga fitur inclusive job center.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement