Selasa 27 Dec 2022 02:27 WIB

Livescore; Liverpool Bungkus Kemenangan di Kandang Aston Villa dengan Skor 3-1

Liverpool bermain lebih padu daripada tuan rumah.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Striker Liverpool Mohamed Salah (tengah) beraksi ketika hendak menjebol gawang Aston Villa pada lanjutan Liga Primer Inggris 2022/2023 di Villa Park, Selasa (27/12/2022). Salah mencetak gol dalam laga tersebut.
Foto: EPA-EFE/Tim Keeton 
Striker Liverpool Mohamed Salah (tengah) beraksi ketika hendak menjebol gawang Aston Villa pada lanjutan Liga Primer Inggris 2022/2023 di Villa Park, Selasa (27/12/2022). Salah mencetak gol dalam laga tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Liverpool sukses membawa pulang tiga poin dalam laga Boxing Day, tepatnya saat melawat ke markas Aston Villa, Selasa (27/12/2022) dini hari WIB. The Reds berhasil menutup laga dengan kemenangan, 3-1, di laga pada pekan ke-17 Liga Primer Inggris musim ini tersebut.

Tiga gol Liverpool masing-masing dicetak oleh Mohamed Salah, Virgil van Dijk, dan Stefan Bajcetic. Sementara tim tuan rumah hanya mampu membalas satu gol via torehan dari Ollie Watkins pada awal babak kedua.

Baca Juga

Dengan hasil ini, Liverpool berhasil memperbaiki posisi di papan klasemen sementara Liga Primer Inggris. The Reds naik satu peringkat ke posisi ke-16 dengan raihan 25 poin dari 15 partai. Liverpool menggeser Brighton and Hove Albion dengan keunggulan satu poin.

 

Jalannya pertandingan

 

Kendati tampil di kandang Villa, Liverpool langsung berusaha mengendalikan permainan dan mencetak gol cepat. Kegagalan bertahan di Piala Liga Inggris usai disingkirkan Manchester City, 2-3, akhir pekan lalu, coba dibayar Liverpool dengan kemenangan di laga perdana Liga Primer Inggris pasca Piala Dunia 2022.

Tidak perlu waktu lama, The Reds pun sudah mencatatkan keunggulan saat laga baru menginjak menit kelima. Trent Alexander-Arnold berhasil mengirimkan umpan lambung terobosan kepada Andy Robertson, yang melakukan //overlapping// di sisi kiri pertahanan Aston Villa.

Robertson kemudian melepaskan umpan tarik ke depan mulut gawang Villa, Bola pun dengan mudah diteruskan Mohammed Salah ke dalam gawang. Sepakan Salah tersebut tidak bisa dihalau Robin Olsen, yang menggantikan Emiliano Martinez di bawah mistar gawang Villa.

Tim tuan rumah langsung merespon. Ollie Watkins sempat mendapatkan peluang emas saat berusaha menanduk umpan lambung dari sisi kanan pertahanan The Reds. Namun, penyerang asal Inggris itu gagal mengarahkan bola ke arah gawang saat tinggal berhadapan dengan kiper Liverpool, Allison.

The Reds mampu menguasai permainan dengan mencatatkan penguasan bola hingga mencapai 62 persen. Pun dengan jumlah ancaman, yang mencapai enam tembakan, berbanding empat ancaman yang dicatatkan oleh Villa. Liverpool pun menggandakan keunggulan pada menit ke-37.

Berawal dari sepak pojok, Virgil Van Dijk mencatatkan namanya di papan skor. Bek tengah asal Belanda itu melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti setelah menerima sodoran bola dari Salah. Melewati sejumlah pemain bertahan Villa, bola sepakan Van Dijk bersarang di pojok kiri bawah gawang Villa.

Gol Van Dijk ini sekaligus menjadi gol terakhir pada babak pertama dalam laga yang dihelat di Stadion Villa Park. Tim besutan Jurgen Klopp itu pun sudah mencatatkan keunggulan dua gol atas tim tuan rumah pada paruh pertama laga.

Pada babak kedua, Liverpool berusaha mempertahankan dominasi. Namun, tim tuan rumah tampil lebih agresif dan jauh lebih baik dibanding pada babak pertama. Berbagai variasi serangan diperagakan oleh tim besutan Unai Emery tersebut. Villa akhirnya mampu mengubah papan skor, tepatnya pada menit ke-59.

Bola hasil tandukan Watkins bersarang mulus di sebelah kanan gawang The Reds tanpa bisa dihalau oleh Allison. Watkins sukses menanduk bola hasil umpan dari Douglas Luiz dari sisi kanan pertahanan tim tamu.

Baca juga : Erdogan: Cristiano Ronaldo Dicadangkan karena Dukung Palestina

Kendati begitu, saat laga memasuk 10 menit akhir, The Reds mampu kembali menjauh. Adalah pemain pengganti, Stefan Bajcetic, yang mencetak gol ketiga Liverpool di laga ini. Bajcetic, yang masuk menggantikan Jordan Henderson, pada menit ke-79, merobek gawang tim tuan rumah pada menit ke-81.

Gelandang berusia 18 tahun itu memanfaatkan bola rebound hasil upaya Darwin Nunez dari sisi kanan gawang Villa. Sempat melewati Olsen, Bajcetic melepaskan sepakan yang melewati sela kaki bek tengah Villa, Tyrone Mings.

Semua upaya tuan rumah untuk mengubah papan skor berujung kerap mampu digagalkan oleh barisan lini belakang Liverpool. The Reds pun akhirnya membawa pulang tiga poin dalam lawatan ke markas Villa di laga Boxing Day Liga Primer Inggris musim ini.

Baca juga : Fakta dan Misteri Jupiter, Planet yang Berukuran 317 Kali Lebih Besar Dibanding Bumi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement