Senin 26 Dec 2022 22:00 WIB

Anestesi, Kontribusi Peradaban Islam di Dunia Kedokteran

Umat Muslim selalu tampil sebagai penemu dalam berbagai bidang di dunia kedokteran.

Dokter Muslim saat mengobati pasien (ilustrasi).
Foto: iiim.org
Dokter Muslim saat mengobati pasien (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam dunia kedokteran dikenal dua jenis obat untuk menghilangkan nyeri, yaitu analgetik dan anestesi. Analgetik adalah obat pereda nyeri tanpa disertai hilangnya perasaan secara total. Seseorang yang mengonsumsi analgetik tetap berada dalam keadaan sadar. Analgetik tidak selalu menghilangkan seluruh rasa nyeri, tetapi selalu meringankan rasa nyeri.

Beberapa jenis anestesi menyebabkan hilangnya kesadaran, sedangkan jenis yang lainnya hanya menghilangkan nyeri dari bagian tubuh tertentu dan pemakainya tetap sadar. Selain itu, terdapat beberapa tipe anestesi, antara lain, pembiusan total yang mampu menghilangkan kesadaran total dan pembiusan lokal yang dapat menghilangkan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu yang diinginkan.

Baca Juga

Serta, pembiusan regional, yakni hilangnya rasa pada bagian yang lebih luas dari tubuh oleh blokade selektif pada jaringan spinal atau saraf yang berhubungan dengannya. Pembiusan lokal atau anestesi lokal adalah salah satu jenis anestesi yang hanya melumpuhkan sebagian tubuh manusia dan tanpa menyebabkan manusia kehilangan kesadaran.

Umat Muslim selalu tampil sebagai penemu dalam berbagai bidang di dunia kedokteran modern. Dalam bidang anestesi, kontribusi umat Islam sungguh sangat besar. Pengaruhnya terhadap dunia Barat juga tak dapat dibantah. Hal itu dapat dilihat dari penemuan kedokteran Barat di dunia modern yang terinspirasi oleh karya-karya dokter Muslim.

 

''Kini, saatnya dunia Islam harus menunjukkan kembali kontribusinya,'' tutur  Prof Mohamad S Takrouri dari Departemen Anestesi Universitas King Khalid Riyadh

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement