Senin 26 Dec 2022 16:21 WIB

Diduga Gunakan Air Limbah untuk Airi Tanaman, Pertanian di Makkah Diselidiki

Air limbah menimbulkan ancaman bagi kesehatan masyarakat.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Lahan pertanian di Makkah, Arab Saudi. Diduga Gunakan Air Limbah untuk Airi Tanaman, Pertanian di Makkah Diselidiki
Foto: Saudi Gazette
Lahan pertanian di Makkah, Arab Saudi. Diduga Gunakan Air Limbah untuk Airi Tanaman, Pertanian di Makkah Diselidiki

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Otoritas lokal di Makkah membuka penyelidikan setelah melihat sejumlah pertanian diairi oleh air limbah. Delapan flat yang dibangun di atas area pertanian di selatan Makkah juga dipindahkan.

Kotamadya mengatakan otoritas keamanan dan urusan kesehatan di wilayah tersebut dan kantor Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian mengambil tindakan terhadap sejumlah pertanian yang melanggar. Lahan untuk menanam sayuran hijau di selatan Makkah tersebut diduga diairi dengan air limbah.

Baca Juga

Disampaikan pula sebanyak delapan flat yang dibangun di area luas di sejumlah peternakan telah disingkirkan. Tim Kotamadya juga segera memusnahkan tanaman berdaun yang ditanam menggunakan air limbah.

“Itu menimbulkan ancaman bagi kesehatan masyarakat. Ternyata setelah mengambil sampel produk dan memeriksanya di laboratorium pemerintah kota, diketahui mereka tidak aman,” katanya, dikutip di Saudi Gazette, Senin (26/12/2022).

Mereka menekankan tindakan ini dilakukan dalam kerangka keinginan Kota Makkah untuk mencapai tingkat sanitasi lingkungan tertinggi. Pihaknya juga ingin menindaklanjuti dan menghilangkan semua fenomena negatif, yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan warga dan penduduk.

Pemerintah kota berjanji tidak akan ragu menerapkan hukuman dan denda bagi pelanggar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement