Senin 26 Dec 2022 10:45 WIB

Mobil Tenaga Surya Australia Pecahkan Rekor Dunia

Mobil mampu menyelesaikan jarak tempuh sejauh seribu kilometer selama 12 jam.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Mobil tenaga surya Sunswift 7
Foto: UNSW Sydney / Richard Freeman
Mobil tenaga surya Sunswift 7

REPUBLIKA.CO.ID, VICTORIA -- Sejumlah mahasiswa di Australia mengembangkan sebuah mobil listrik tenaga surya. Mobil dengan sebutan Sunswift 7 itu pun berhasil memecahkan rekor dunia.

Dikutip dari Drive pada Senin (26/12/2022), rekor itu dipecahkan karena Sunswift 7 mampu melakukan perjalanan sejauh seribu kilometer tanpa melakukan isi ulang baterai.

Baca Juga

Dalam pengujian itu, mobil tersebut mampu menyelesaikan jarak tempuh sejauh seribu kilometer dalam durasi sekitar 12 jam. Artinya, mobil tersebut mampu melaju dengan kecepatan rata-rata sekitar 85 kilometer/jam.

Secara desain, Sunswift 7 merupakan mobil four seater yang hadir dalam format menyerupai mobil sedan. Hanya saja, pada bagian bonnet dan atap dilengkapi dengan panel surya.

Panel surya dalam mobil ini sendiri memiliki luas area sekitar 4,6 meter persegi. Selain lewat panel surya itu, daya baterai juga diisi lewat charger eksternal.

Agar penggunaan daya beterai bisa efisien, maka mobil ini harus hadir dalam bobot yang ringan. Oleh karena itu, mobil tersebut dibangun dari carbon-fibre monocoque chassis and carbon-fibre body.

Tenaga dari mobil ini berasal dari baterai 38 kWh. Kemudian, daya dari baterai itu disalurkan ke twin hub-mounted electric motors yang mampu membuat mobil itu melaju hingga kecepatan 140 kilometer/jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement