Jumat 23 Dec 2022 17:58 WIB

Musra Relawan Jokowi Lampung Hasilkan Pasangan Prabowo - Erick Thohir 

Prabowo memperoleh dukungan 541 suara sebagai capres.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Ilham Tirta
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Foto: Bumn
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Musyawarah Rakyat (Musra) ke IX  Relawan Jokowi Lampung menghasilkan dukungan ke Prabowo Subianto dan Erick Thohir sebagai Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI pada Pemilu 2024. Perhitungan suara hasil Musra dilakukan manual dari kotak suara di Bandar Lampung, Rabu (21/12/2022), malam.

Koordinator Musra XI Relawan Jokowi Lampung, Faisol Sanjaya mengatakan, setelah panitia nasional walkout dari Musra, pihaknya melakukan negosiasi terkait pembacaan surat suara 2×24 jam. Kemudian panitia lokal menggelar rapat evaluasi di Sekretariat DPW Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) Lampung pada Selasa (20/12/2022).

Baca Juga

"Panitia lokal sepakat, untuk membuka kotak suara yang disegel dan dititipkan di Sekretariat Pujakesuma. Kemudian untuk menjaga netralitas penghitungan kotak suara di JMSI Lampung," kata Faisol dalam keterangan persnya, Kamis (22/12/2022).

Dari total 1.863 suara, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memperoleh suara terbanyak sebagai capres dengan 541 suara. Di bawah Prabowo Subianto, ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperoleh 378 suara dan Ketua DPR Puan Maharani memperoleh 362 suara.

Kemudian ada juga pemilih untuk Jokowi tiga periode dengan 208 suara, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto 123 suara, dan Ketua PKB Muhaimin Iskandar 87 suara. Kemudian Erick Thohir 60 suara, Anies Baswedan 59 suara, Mahfud MD 19 suara, Agus Harimurti Yudhoyono 10 suara, Ridwan Kamil 9 suara, dan Kaesang Pangarep 4 suara.

 

Pada perhitungan suara, juga muncul nama dua tokoh lokal yakni Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dengan 4 suara dan Mantan Kapolda Lampung Ike Edwin 5 suara.

Untuk pilihan calon wakil presiden, Menteri BUMN Erick Thohir memperoleh angka tertinggi, yaitu 1.065 suara. Diikuti Puan Maharani 275 suara, Muhaimin Iskandar 166 suara, dan Sandiaga Uno 120 suara.

Selanjutnya, Mahfud MD 62 suara, Ganjar Pranowo 60 suara, Agus Harimurti Yudhoyono 23 suara, dan Prabowo Subianto 18 suara. Nama Anies Baswedan, Megawati Soekarnoputri, Jokowi, Ricko, Gibran Rakabuming, dan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia, masing-masing memperoleh 1 suara untuk cawapres.

Faisol mengatakan, hasil pemungutan suara tetap diumumkan karena merupakan amanah dan suara akar rumput. Perhitungan suara dimulai setelah salat Magrib, hingga pukul 23.00 WIB, panitia kemudian merekap hasil dan disampaikan ke publik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement