Jumat 23 Dec 2022 16:30 WIB

Kenapa Menyeduh Kopi di Rumah tidak Senikmat di Kedai Kopi? Ternyata Ini Rahasianya

Seringkali kopi buatan barista di kedai kopi terasa lebih nikmat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Seringkali kopi buatan barista di kedai kopi terasa lebih nikmat.
Foto: www.freepik.com
Seringkali kopi buatan barista di kedai kopi terasa lebih nikmat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menyeduh kopi sendiri di rumah memang terasa lebih praktis dan juga hemat. Akan tetapi, sering kali rasa kopi buatan barista di kedai kopi terasa lebih sedap dibandingkan kopi di rumah.

Menurut beberapa ahli, ada tiga hal yang membuat rasa kopi di kedai kopi terasa lebih menggugah selera. Berikut ini adalah ketiga hal tersebut beserta trik untuk membuat kopi yang lebih enak di rumah, seperti dilansir Well and Good, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga

 

Barista Punya Pengetahuan Lebih

Kemampuan, pengetahuan, serta pengalaman profesional yang dimiliki oleh barista merupakan salah satu kunci yang membuat kopi di kedai kopi terasa lebih enak. Selain itu, barista juga menggunakan peralatan menyeduh kopi yang profesional saat meracik minuman di kedai kopi.

Roast master dan pakar teknologi penyeduhan dari Roasting plant Coffee, Genevieve Kappler, mengatakan kombinasi tersebut memungkinkan barista untuk menyeduh kopi secara lebih konsisten dan presisi. Kedua hal tersebut sangat penting mengingat ada suhu air ideal yang perlu dicapai saat menyeduh kopi.

"Dan dalam hal membuat minuman specialty, kedai kopi cenderung memiliki lebih banyak variasi sirup, perasa, dan susu dibandingkan yang mungkin dimiliki konsumen di rumah," jelas Kappler.

 

Menggunakan Biji Kopi Super Segar

Kedai kopi umumnya menggunakan biji kopi yang sangat segar dan juga baru digiling. Menurut Kappler, rasa kopi yang paling enak bisa didapatkan dari kedai-kedai kopi yang sangat memperhatikan kualitas biji kopi mereka.

 

Memanggang Biji Kopi Sendiri

Kesegaran biji kopi ditentukan oleh seberapa lama jarak dari biji kopi tersebut dipanggang hingga diseduh. Jarak waktu yang paling baik adalah 7-21 hari.

"Namun tak ada tanggal kedaluwarsa yang pasti. Perlu diketahui bahwa biji kopi akan kehilangan rasanya seiring waktu," ujar food scientist Makenzie Bryson Jackson MS.

Oleh karena itu, sebagian kedai kopi memilih untuk memanggang sendiri biji kopi mereka. Sedangkan kedai kopi yang tak bisa melakukannya biasanya akan menanyakan tanggal pemanggangan biji kopi sebelum membelinya.

"Bila kedai kopi tak tahu kapan biji kopi mereka dipanggang, kemungkinan biji kopi tersebut telah apak," lanjut Kappler.

 

Cara Membuat Kopi Rumahan Lebih Nikmat

Langkah pertama yang perlu dilakukan bila ingin membuat kopi rumahan yang lebih nikmat adalah memilih biji kopi yang bagus dan segar. Biji kopi ini bisa didapatkan dari pemanggang kopi lokal atau membeli dari toko daring.

Kappler juga merekomendasikan pecinta kopi untuk memiliki alat penggiling kopi yang baik. Memiliki alat penggiling kopi sendiri memungkinkan pecinta kopi untuk menggiling biji kopi sesaat sebelum menyeduhnya.

Selain itu, Kappler menyarankan pecinta kopi untuk tidak menyimpan biji kopi lebih dari 1-2 pekan. Hal ini penting diperhatikan agar rasa kopi yang dihasilkan terasa lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement