Jumat 23 Dec 2022 06:01 WIB

Ini Sosok Dosen UPI Peraih Gold Winner Insan Humas di Anugerah Diktiristek 2022

UPI berhasil meraih tujuh penghargaan 5 Gold Winner, 1 Silver, dan 1 Bronze.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Dosen di Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, UPI, Jatmika Nurhadi SS MHum.
Foto: Istimewa
Dosen di Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, UPI, Jatmika Nurhadi SS MHum.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berhasil meraih penghargaan berupa Gold Winner Insan Humas, Kategori Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH). Perolehan itu diumumkan dalam acara malam Anugerah Diktiristek 2022 yang diadakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), belum lama ini. 

Wakil UPI untuk tampil menjadi insan humas dan bersaing di antara universitas terkemuka di Indonesia kategori PTN BH salah satunya adalah Kepala Seksi Televisi dan Radio Kantor Hubungan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), sekaligus sebagai Dosen di Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, UPI, Jatmika Nurhadi SS MHum. Ini pertama kalinya Jatmika mewakili UPI dan sekaligus raihan insan humas pertama kali juga bagi UPI. 

Jatmika berterima kasih atas dukungan berbagai pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian predikat tersebut. Baginya, dukungan pimpinan, rekan humas, dan sivitas akademika di UPI menjadi modal utama dalam meraih penghargaan tersebut.

Para peserta yang terlibat merupakan insan humas yang ditunjuk untuk mewakili PT masing-masing. Kemudian para peserta membuat tayangan terkait tema “Transformasi Pendidikan Tinggi: Merdeka Belajar Kampus Merdeka “MBKM”/Indeks Kinerja Universitas (IKU)/Kedaireka Matching Fund”. Lalu, diunggah di Instagram pribadi masing-masing.

Jatmika dan tim menyusun video yang mengangkat konsep video klip berlirik dengan judul “Menjejak Bersama di Kampus Merdeka”, video klip ini berisi lagu dan beberapa footage peran humas dalam menyosialisasikan kegiatan MBKM, khususnya melalui TVUPI dan Radio UPI. Lagu dalam video klip ini diciptakan, diaransemen, dan dinyanyikan sendiri oleh Jatmika.

Proses penyusunan lagu dan video cukup memakan waktu sangat singkat. Karena saat diusulkan, Jatmika dan tim hanya memiliki waktu sekitar dua pekan kurang. Bahkan penciptaan lagu dari penyusunan lirik sampai dengan perekaman hanya memakan waktu sekitar tiga hari saja. 

“Saya buat lagu di motor, buat aransemen saat tiba di rumah, kemudian take vocal di dalam mobil. Saya harus manfaatkan waktu yang ada bahkan take vocal di malam hari”, kata Jatmika.

Selesai penyusunan lagu, kata dia, kemudian dibuatlah video klip dengan konsep rapat redaksi dan proses reportase kegiatan MBKM. Video ini disutradarai oleh Kevinadya A.V. salah seorang mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi yang terlibat sebagai Pimpinan Redaksi Sekilas Isola TVUPI. Pengambilan gambar mengambil dua lokasi, di Kampus UPI Bumi Siliwangi dan di rumah Jatmika sendiri untuk footage saat menyanyi.

Setelah rampung proses perekaman video, kemudian tim melakukan penyuntingan akhir dan pengunggahan ke laman AHD tepat pada hari penutupan. Video yang dikolaborasikan dengan akun @upiofficial (Instagram Resmi UPI) ini berhasil menarik perhatian 200 ribu lebih penonton dan mendapat like sebanyak 13 ribu.

“Ini bukan hanya pencapaian, melainkan juga motivasi bagi saya pribadi untuk terus berkreasi, berinovasi dan meraih prestasi. Semoga dapat menginspirasi dan menciptakan riak aksi yang positif," katanya.

Penghargaan yang diraih Jatmika ini menambah perolehan penghargaan lainnya yang diperoleh UPI pada Anugerah Diktiristek 2022 sehingga pada malam itu UPI berhasil meraih tujuh penghargaan dengan 5 Gold Winner, 1 Silver Winner, dan 1 Bronze Winner. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement