Rabu 21 Dec 2022 19:09 WIB

 Indonesia Giving Fest Dinilai Bawa Bukti Nyata Pengelolaan Zakat

Forum zakat akan menggelar Zakat Expo.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
 Indonesia Giving Fest Dinilai Bawa Bukti Nyata Pengelolaan Zakat. Foto: Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
 Indonesia Giving Fest Dinilai Bawa Bukti Nyata Pengelolaan Zakat. Foto: Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Forum Zakat (FOZ) akan menggelar kegiatan Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 pada 23-25 Desember nanti. Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag), Tarmizi Tohor, menyatakan dukungannya atas hal tersebut.

"Saya mendukung kegiatan ini. Expo dalam beberapa hari kedepan ini bagus sekali. Apa yang sudah diusahakan oleh lembaga zakat akan ditampilkan," ujar dia dalam kegiatan konferensi pers, Rabu (21/12/2022).

Baca Juga

Kegiatan ini disebut sebagai pembuktian nyata dari hasil dan upaya yang telah dilakukan oleh badan dan lembaga zakat di Indonesia. Dengan demikian, para amil atau donatur yang mendonasikan harta kekayaannya pun menjadi lebih percaya.

Publikasi seperti ini juga dinilai akan mendorong masyarakat, baik yang sudah berzakat maupun belum, agar lebih mempercayai lembaga zakat. Harapannya, nilai zakat yang dikumpulkan pun bisa semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Tarmizi menyebut capaian zakat dalam beberapa tahun terakhir, baik di lembaga zakat maupun di mayarakat, mengalami peningkatan. Ini berarti ada perubahan pola pikir di masyarakat, yang awalnya nilainya sangat kecil, tradisional dan bersifat konsumtif, kini bergerak menjadi hal yang lebih produktif dan nilainya bertambah.

"Literasi tentang zakat di masyarakat terus dilakukan. Orang-orang saat ini sudah memahami pengelolaan zakat secara modern. Ketentuan dalam Islam, zakat bisa untuk mengembangkan perbaikan kehidupan umat Islam," lanjutnya.

Ia juga memberikan catatan bagi setiap organisasi pengelola zakat (OPZ), agar dalam memberdayakan masyarakat yang bertujuan memperbaiki ekonomi umat, harus terus diberikan pendampingan, bimbingan, serta pembinaan.

Perkembangan dan perbaikan dalam hal zakat pun menjadi sesuatu yang ia apresiasi. Meski capaian zakat masih jauh dari nilai potensinya, yaitu sekitar Rp 15 hingga 20 triliun dari Rp 130 triliun, namun hal ini terus bertambah setiap tahunnya.

FOZ mengajak masyarakat berinteraksi langsung dengan Gerakan Zakat dalam Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022. Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat mendapatkan edukasi seputar pengelolaan dana zakat, melalui berbagai program dan dampak yang dilahirkan dalam upaya pengentasan kemiskinan.

Acara ini akan digelar pada 23 - 25 Desember di Tennis Indoor Senayan. Festival tersebut akan menampilkan 199 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Anggota FOZ dengan berbagai program unggulan yang dikelola melalui Gerakan Zakat.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement