Selasa 20 Dec 2022 22:37 WIB

Perubahan Dunia yang Semakin Pesat, Tanda Kiamat Sudah Dekat

Pertanyan kapan terjadi hari kiamat telah diabadikan dalam beberapa surat di Alquran.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Hari Kiamat (Ilustrasi)
Hari Kiamat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Perubahan besar yang terjadi di dunia menjadi salah satu tanda kiamat sudah dekat. Pertanyan kapan terjadi hari kiamat telah diabadikan dalam beberapa surat di Alquran.

Salah satunya dalam surah Al-Araf ayat 187 yang artinya: "Mereka menanyakan kepadamu tentang hari kiamat. Kapankah terjadinya? Katakanlah sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah pada sisi Rabb-ku, tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Hari kiamat itu amat berat huru-haranya bagi makhluk yang di langit dan di bumi. Hari kiamat itu tidak akan datang kepada kalian melainkan dengan tiba-tiba. Dan Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari-hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

Baca Juga

Dr Muhammad Ahmad Al-Mubayyad dalam bukunya "Ensiklopedi Akhir Zaman" mengatakan, meski ayat di atas tidak menjawab pertanyaan kapan tepatnya hari kimat datang, namun waktunya sudah dekat. Hal itu terungkap dalam  Alquran surah Al-Anbiya ayat 1 Allah SWT berfirman yang artinya.

"Telah dekat kepada manusia hari hisab hari perhitungan segala amalan mereka, sedangkan mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling daripadaNya."

 

Dalam surah An-Nahl ayat 1 Allah berfirman: "Telah pasti datangnya ketetapan Allah. Maka janganlah kalian meminta agar disegerakan datangnya. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan."

Muhammad Ahmad Al-Mubayyad mengatakan ayat-ayat tersebut seluruhnya menunjukkan bahwa hari kiamat adalah peristiwa ghaib yang hanya diketahui oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Di samping massanya sudah amat dekat, manusia akan dibuat terkejut jika hari kiamat tersebut benar-benar tiba.

"Bahkan lebih jauh sebagian Ayat tersebut mengungkapkan bahwa peristiwa yang amat dahsyat itu tanda-tandanya telah terjadi," katanya.

Hal itu menunjukkan bahwa ia sangatlah dekat. Secara global, kata dia, ayat-ayat tersebut di atas telah menunjukkan betapa pentingnya untuk mengetahui tanda-tanda hari kiamat yang setiap saat akan mengejutkan kita.

Kiamat akan terasa semakin dekat setelah turun Nabi Isa Alaihissalam. Di dalam surat An-Nisa, Allah subhanahu wa ta'ala berfirman yang artinya.

"Tidak ada seorangpun dari ahli kitab kecuali akan beriman kepadanya Isa sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka."

Dalam surat al-Zukhruf ayat 61 Allah Subhanahu Wa Ta'ala juga berfirman yang artinya:

"Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang hari kiamat itu dan Ikutilah aku. Inilah jalan yang lurus."

Sebagaimana yang dinyatakan dalam pendapat rajih (unggul) para mufassir menginterpretasikan bahwa turunnya Isa Alaihissalam pada akhir zaman nanti merupakan salah satu pertanda hari kiamat. Artinya masa kehancuran dunia, dan hari kiamat sudah dekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement