Senin 19 Dec 2022 04:02 WIB

Messi Dinobatkan Sebagai Pemain Terbaik Piala Dunia 2022

Messi pun berseru, "Kami juara dunia".

 Lionel Messi dari Argentina merayakan bersama keluarganya setelah memenangkan pertandingan sepak bola final Piala Dunia antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, Qatar,  Ahad (18/12/2022).
Foto: AP/Manu Fernandez
Lionel Messi dari Argentina merayakan bersama keluarganya setelah memenangkan pertandingan sepak bola final Piala Dunia antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Ahad (18/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, LUSAIL -- Lionel Messi dinobatkan sebagai peraih Bola Emas atau Golden Ball sebagai perlambang pemain terbaik selama Piala Dunia 2022 ini setelah memimpin Argentina menaklukkan Prancis dalam babak final, Senin (19/12/2022).

Messi mencetak dua gol sehingga menambah jumlah golnya dalam turnamen ini menjadi tujuh dan juga mencetak gol dalam adu penalti saat Argentina mengalahkan Prancis 4-2 melalui adu penalti menyusul imbang 3-3 setelah perpanjangan waktu.

Baca Juga

Kylian Mbappe menduduki urutan kedua setelah Messi tetapi striker Prancis ini meraih Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia Qatar dengan delapan gol atau satu gol lebih banyak dari kapten Argentina itu.

Luka Modric berada pada urutan ketiga dalam daftar pemain terbaik setelah mengantarkan Kroasia finis urutan ketiga.

Sementara itu, Emiliano Martinez meraih Golden Glove sebagai kiper terbaik Piala Dunia 2020, sedangkan rekan senegaranya Enzo Fernandez yang masih berusia 21 tahun dinobatkan sebagai pemain muda terbaik.

Kemenangan atas Prancis membuat Argentina mengangkat Piala Dunia untuk ketiga kalinya setelah Piala Dunia 1978 dan 1986, demikian AFP.

Messi sendiri memberi hormat kepada suporter Argentina di Stadion Lusail, Doha, setelah menginspirasi negaranya dalam menjuarai Piala Dunia pertama dalam kurun 36 tahun terakhir.

"Kami juara dunia!" seru Messi di mikrofon stadion setelah dua golnya dan tendangan penaltinya membawa Argentina meraih gelar juara turnamen terbesar sepak bola ini.

Messi memeluk anggota keluarga dan rekan-rekan satu timnya setelah pertandingan menakjubkan nan menegangkan yang berakhir 3-3 dalam waktu 120 menit yang diwarnai hattrick Kylian Mbappe dan tiga penalti.

Messi dan Mbappe sama-sama sukses dalam adu penalti sebelum kiper Argentina Emiliano Martinez melakukan penyelamatan penting yang mementahkan tendangan penalti Kingsley Coman dan Gonzalo Montiel.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement