Ahad 18 Dec 2022 14:34 WIB

10 Trik Menghentikan Dorongan Makan Berlebih Menurut Sains

Mengetuk dahi dengan telunjuk dapat membantu mengalihkan perhatian dari makanan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Gita Amanda
 Sebuah penelitian menemukan bahwa mengetuk dahi dengan jari telunjuk dapat membantu mengalihkan perhatian dari keinginan makanan. (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Andri Saputra
Sebuah penelitian menemukan bahwa mengetuk dahi dengan jari telunjuk dapat membantu mengalihkan perhatian dari keinginan makanan. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada saat-saat tertentu ketika dorongan untuk terus makan dan ngemil rasanya tidak tertahankan. Ini tentunya bukan hal baik, sebab dianjurkan untuk makan secukupnya, bahkan sebelum kenyang. Berikut sejumlah cara untuk menghentikan dorongan makan berlebih menurut para pakar.

1. Mengetuk dahi

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengetuk dahi dengan jari telunjuk dapat membantu mengalihkan perhatian dari keinginan makanan. Akan tetapi, jangan terlalu keras melakukannya, apalagi jika ketukan ringan berubah menjadi pukulan yang membahayakan.

2. Ubah cara berpikir

Luangkan waktu sejenak untuk mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang dari makan berlebih atau menyantap makanan yang salah. Pasalnya, mengubah cara berpikir bisa menekan keinginan makan berlebihan. Itu juga dibuktikan dalam sebuah studi.

Penulis studi tersebut, Kathryn Demos, menjelaskan bahwa dia dan timnya melakukan pemindaian MRI pada peserta. Hasilnya, memikirkan tentang dampak negatif jangka panjang dari konsumsi makanan tidak sehat meningkatkan aktivitas di wilayah otak peserta yang terlibat dalam kontrol penghambatan dan pengaturan diri.

"Berpikir dengan perspektif berbeda memengaruhi cara otak merespons isyarat makanan yang menggoda pada individu dengan obesitas. Hasil kami menunjukkan kemungkinan yang menjanjikan bahwa berfokus pada konsekuensi jangka panjang dari mengonsumsi makanan tidak sehat dapat membantu mengurangi keinginan makan berlebih," ujarnya.

3. Main tetris

Tiga menit bermain tetris dapat mengurangi keinginan untuk ngemil, merokok, dan minum alkohol. Setidaknya, begitulah menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite. Menurut peneliti, gim klasik itu dapat memberikan pengalihan visual yang membantu seseorang mengendalikan keinginan.

4. Gunakan imajinasi

Imajinasi bisa menjadi metode kuat dalam perang melawan keinginan makan berlebih. Menurut peneliti, imajinasi itu bisa sesederhana membayangkan seluruh warna yang terlihat di pelangi, mengingat aroma eucalyptus, atau memvisualisasikan pola titik acak.

5. Lihat banyak gambar makanan

Ini adalah trik penurunan berat badan yang paling mudah. Menurut sebuah studi, melihat gambar makanan yang tak ada habisnya dapat membuat seseorang merasa makanan itu menjadi kurang nikmat untuk dikonsumsi dan menunda rasa lapar.

6. Jalan-jalan

Berjalan kaki 15 menit sudah cukup untuk menghentikan keinginan makan camilan yang disebabkan oleh situasi stres. Studi membuktikan aktivitas fisik singkat dapat mengurangi keinginan untuk makan camilan manis pada orang yang kelebihan berat badan.

7. Sarapan kaya protein

Penelitian menunjukkan bahwa sarapan kaya protein bermanfaat meningkatkan neurotransmitter yang dapat menurunkan keinginan makan di sisa hari. Hal itu disampaikan asisten profesor nutrisi dan fisiologi olahraga yang memimpin penelitian, Heather Leidy.

"Sarapan yang tinggi protein juga mengurangi keinginan untuk makanan gurih atau tinggi lemak. Di sisi lain, jika sarapan dilewatkan, keinginan mengidam ini terus meningkat sepanjang hari," ucap Leidy, dikutip dari laman Spring, Sabtu (18/12/2022).

8. Mengunyah permen karet

Trik lama yang sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian ini cukup berpotensi untuk berhasil. Mengunyah permen karet disinyalir dapat mengendalikan nafsu makan, mengurangi keinginan ngemil, dan membantu seseorang mengendalikan berat badan.

9. Perbaiki kualitas tidur

Orang yang kurang tidur lebih sulit untuk menahan godaan makan. Penyebabnya, area otak yang melakukan penilaian dan keputusan kompleks menjadi tumpul karena kurang tidur, sementara struktur otak yang mengendalikan motivasi dan keinginan menjadi lebih kuat.

10. Memahami emosi

Memahami emosi yang sedang dirasakan adalah langkah penting dalam mengelola keinginan makan. Sebuah studi menemukan bahwa seseorang lebih mampu mempertahankan berat badan ideal ketika belajar mengerti perasaannya tentang makanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement