Rabu 14 Dec 2022 08:51 WIB

Scaloni Pun Ikut Terkejut dengan Kemenangan Besar Argentina Atas Kroasia

Hasil ini tak menggambarkan kesulitan sesungguhnya Argentina di lapangan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni.
Foto: AP/Natacha Pisarenko
Pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni.

REPUBLIKA.CO.ID, LUSAIL -- Pelatih timnas Argentina, Lionel Scaloni, mengaku tidak menyangka anak-anak asuhnya bisa memetik kemenangan besar atas Kroasia di babak semifinal Piala Dunia 2022, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. Dalam laga di Stadion Lusail tersebut, Albiceleste sukses mencukur Kroasia, 3-0.

Argentina membuka keunggulan via eksekusi penalti Messi pada menit ke-34. Wasit memberikan hadiah penalti kepada Albiceleste usai pelanggaran kiper Kroasia, Dominik Livakovic, terhadap Julian Alvarez. Lima menit berselang, giliran Alvarez yang mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan serangan balik cepat.

Baca Juga

Tidak berhenti sampai di situ, Argentina memperbesar jarak keunggulan pada menit ke-69. Gol Alvarez memaksimalkan umpan tarik dari Messi, yang merangsek ke dalam kotak penalti setelah melewati salah satu pemain bertahan Kroasia, Josko Gvardiol. Keunggulan tiga gol ini tetap bertahan hingga laga usai dan Argentina sukses menyingkirkan Kroasia sekaligus melaju ke babak final.

''Faktanya, hasil ini mungkin tidak menggambarkan kesulitan sesungguhnya di lapangan. Saya selalu yakin, kami bisa meraih kemenangan di laga ini, meski tidak dengan selisih gol sebesar ini,'' ujar Scaloni seperti dilansir Buenos Aires Times, Rabu (14/12/2022).

Sebelum laga, pelatih berusia 44 tahun itu sudah memperkirakan kemampuan trio gelandang Krosia, Luka Modric, Marcelo Brozovic, dan Marco Kovacic, untuk bisa menguasai kendali permainan di lapangan tengah. Tiga pemain tersebut, ujar Scaloni, merupakan pemain yang berpengalaman dan telah tampil bersama dalam waktu yang cukup lama.

''Mereka menguasai awal babak pertama. Hal itu tidak mengherankan karena mereka memiliki gelandang kelas dunia yang telah tampil bersama. Kami tahu, pertandingan tersebut akan berjalan seperti itu. Namun, gol pertama via penalti membuka jalan kami,'' kata Scaloni.

Pascalaga, sejumlah pemain Argentina sempat melakukan selebrasi dengan para suporter Albiceleste yang memenuhi Stadion Lusail. Namun, Scaloni mengingatkan, anak-anak asuhnya untuk tidak larut dalam euforia pesta lantaran masih ada satu partai lagi yang harus dilakoni sebelum benar-benar mengakhiri Piala Dunia 2022 sebagai yang terbaik.

Di partai final, Argentina akan berhadapan dengan pemenang laga semifinal lainnya, saat Prancis menghadapi Maroko, yang baru digelar pada Kamis (15/12/2022) dini hari WIB.

''Kami merayakan kemenangan ini lantaran kegembiraan berada di final. Namun, saya juga harus mengingatkan, kami masih memiliki satu tahapan lagi. Ini memang layak dirayakan, tapi saat ini sudah berakhir. Kami harus bersiap ke laga berikutnya,'' kata mantan penggawa Lazio tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement