Selasa 13 Dec 2022 23:12 WIB

Kanada Dipastikan Bermain di Indonesia pada FIBA World Cup 2023

Indonesia memilih Kanada untuk bermain di Jakarta pada FIBA World Cup 2023.

Local Ambassador FIBA World Cup 2023 Raffi Ahmad berfoto bersama dengan maskot resmi FIBA World Cup 2023 JIP usai konferensi pers terkait pelaksanaan FIBA World Cup 2023 di Jakarta, Kamis (25/8/2022). Kanada dipastikan bermain di Jakarta tahun depan. Prayogi/Republika
Foto: Prayogi/Republika.
Local Ambassador FIBA World Cup 2023 Raffi Ahmad berfoto bersama dengan maskot resmi FIBA World Cup 2023 JIP usai konferensi pers terkait pelaksanaan FIBA World Cup 2023 di Jakarta, Kamis (25/8/2022). Kanada dipastikan bermain di Jakarta tahun depan. Prayogi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional bola basket Kanada dipastikan bermain di Indonesia pada fase grup FIBA World Cup 2023 berdasarkan hasil pembicaraan antara Dewan FIBA dan tuan rumah penyelenggara.

Dalam pernyataan tertulis FIBA melalui laman resminya menyampaikan bahwa tiga tuan rumah penyelenggara, yaitu Filipina, Jepang, dan Indonesia telah memilih tim-tim pilihan mereka untuk memainkan fase grup di negaranya masing-masing.

Baca Juga

Setiap tuan rumah itu mendapat hak memilih tim pilihan berdasarkan alasan komersial. Namun pemilihan itu tidak akan akan berdampak terhadap proses pengundian grup yang baru akan dilakukan pada April 2023 di Manila, Filipina.

Selain Kanada, yang kini menduduki posisi ke-15 dunia, Indonesia juga akan kedatangan dua tim lain yang menempati peringkat delapan besar ranking FIBA untuk pertandingan fase grup nanti.

Kedatangan tim-tim papan atas dunia ke Indonesia ini menjadi salah satu misi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) untuk menarik minat penonton menyaksikan Piala Dunia FIBA meski tak ada timnas Indonesia.

Meskipun berstatus tuan rumah, Indonesia tak akan ambil bagian dalam Piala Dunia 2023 karena skuad Merah Putih gagal memenuhi syarat lolos delapan besar Piala FIBA Asia 2022 pada Juli lalu. Oleh karena itu, kedatangan tim-tim papan atas ke Indonesia dianggap penting agar Piala Dunia di Jakarta nanti tetap semarak meski tanpa penampilan tim Garuda.

Kanada mempunyai beberapa pemain yang melantai di NBA. Mereka di antaranya Andrew Wiggins yang membawa Golden State Warriors juara NBA 2022, Jamal Murray (Denver Nuggets), Shai Gilgeous-Alexander dan Lu Dort (Oklahoma City Thunder), RJ Barret (New York Knicks), Dillon Brooks (Memphis Grizzlies), dan Dwight Powell (Dallas Mavericks).

Namun Kanada untuk saat ini belum merilis susunan pemain atau roster untuk kejuaraan yang akan digelar pada 25 Agustus itu.

Selain Indonesia yang dipastikan mendatangkan Kanada, Filipina juga telah memilih tim pilihannya yakni Amerika Serikat untuk bermain di negaranya, sedangkan Jepang sudah meminta agar Slovenia bermain di Okinawa.

Piala Dunia FIBA 2023 yang diikuti 32 negara akan digelar pada 25 Agustus hingga 10 September. Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang.

Ibu Kota Manila, Filipina akan menjadi tuan rumah pertandingan babak penyisihan untuk empat grup, putaran kedua, hingga putaran final. Sementara itu, Okinawa dan Jakarta masing-masing akan menjadi tuan rumah babak penyisihan bagi dua grup serta putaran kedua.

Filipina secara keseluruhan akan menjamu 16 tim negara peserta, sedangkan Jepang dan Indonesia masing-masing menjamu 8 tim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement