Selasa 13 Dec 2022 08:37 WIB

Buka Konfercab VII NU Banyumas, Ini Pesan KH Miftachul Akhyar Rais Aam PBNU

KH Miftachul Akhyar membuka Konfercab VII NU Banyumas.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Hafil
Buka Konfercab VII NU Banyumas, Ini Pesan KH Miftachul Akhyar Rais Aam PBNU. Foto: KH. Miftachul Akhyar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Buka Konfercab VII NU Banyumas, Ini Pesan KH Miftachul Akhyar Rais Aam PBNU. Foto: KH. Miftachul Akhyar

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Rais Aam PBNU, Kiai Haji Miftachul Akhyar membuka secara resmi Konferensi Cabang (Konfercab) VII Nahdlatul Ulama Banyumas yang ditandai dengan penabuhan bedug sebagai simbol dimulainya agenda lima tahunan itu. Penyelenggaraan Konfercab VII NU Banyumas dilangsungkan pada Ahad (11/12/22) bertepatan dengan 17 Jumadil Ula 1444 H di Komplek Pondok Pesantren Mamba’ul Ushulil Hikmah Bakung, Linggasari, Kembaran, Banyumas.

Dalam sambutannya, Kiai Miftach menyampaikan pesan akan pentingnya menjaga peradaban dunia. Kiai Miftach menggambarkan huruf dlad pada lambang NU yang menegasikan bahwa peran NU tidak hanya di tingkat ranting sampai pusat, bangsa dan negara, namun sampai pada penjagaan peradaban dunia.

Baca Juga

Dikatakan, para muassis NU telah menggariskan bahwa peran NU tidak hanya ditingkat lokal namun bekontribusi pada dunia global. Sesuai pemaknaan huruf dlad yang melingkari bola dunia sebagai simbol kontribusi NU harus sampai mendunia.

“Sejak pendirian NU para muassis telah menggariskan bahwa kontribusi NU harus sampai dataran global. Perhatikan huruf dlad yang melingkari bola dunia sebagai simbol kontribusi NU harus sampai mendunia,” paparnya, Ahad (11/12/2022).

Kiai Miftach menambahkan, di era disrupsi yang penuh perubahan harus diimbangi dengan tata krama atau “unggah ungguh” dalam persatuan. Proses kaderisasi organisasi di NU harus melahirkan militansi kader yang diimbangi dengan unggah ungguh atau tata krama.

Menurutnya, militansi organisasi tanpa unggah ungguh akan melahirkan kerusakan moral. Sehingga proses kaderisasi melalui Madrasah Kader NU (MKNU) harus diberikan secara seimbang antara melatih militansi dengan unggah ungguh kader.

“Perlu keseimbangan antara militansi kader dengan unggah ungguh. Militansi organisasi tanpa unggah ungguh akan melahirkan kerusakan moral kader,” jelasnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement