Selasa 13 Dec 2022 05:49 WIB

Wujudkan Kemandirian Pesantren, Mu'allimin Muhammadiyah Terus Kembangkan Unit Usaha

Unit usaha pesantren terus dikembangkan Mu'allimin Muhammadiyah.

Rep: silvi dian setiawan/ Red: Muhammad Hafil
Direktur Pesantren Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, Aly Aulia.
Foto: Dokumen
Direktur Pesantren Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta, Aly Aulia.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pesantren Mu'Allimin Muhammadiyah Yogyakarta terus melakukan pemberdayaan guna mewujudkan kemandirian pesantren. Pemberdayaan ini salah satunya dilakukan dengan terus mengembangkan unit usaha pesantren.

Pengembangan unit usaha dilakukan untuk meningkatkan perekonomian pesantren, salah satunya dengan mendirikan unit usaha 1918 Laundry. Direktur Pesantren Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Aly Aulia mengatakan, unit usaha yang merupakan jasa cuci pakaian tersebut didirikan melihat kebutuhan dari santri.

Baca Juga

"Inovasi dalam pengembangan Mu'allimin secara ekonomis dan dengan pertimbangan kebutuhan santrinya, maka didirikanlah 1918 Laundry. Atas saran dari mayoritas wali santri yang berjumlah sekitar 1.725 santri, keberadaan jasa cuci dan setrika sangatlah dibutuhkan," kata Aly dalam siaran pers yang diterima Republika beberapa waktu lalu.

Aly menuturkan, di tengah keterbatasan, pihaknya terus berupaya menumbuhkan ekonomi kreatif yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Tidak hanya bermanfaat bagi santri dan pesantren, namun juga masyarakat luas.

"Pemberdayaan ekonomi kreatif pesantren, menjadi bagian dari upaya menopang kemandirian pesantren dalam memenuhi dan mengembangkan pesantren, agar bisa mengikuti zamannya," tambah Aly.

Berbagai unit usaha telah didirikan oleh pesantren tertua yang didirikan bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia. Aly menuturkan, pihaknya akan terus meningkatkan unit usaha dalam rangka memfasilitasi santri dan melayani kebutuhan masyarakat luas, serta bernilai ekonomis.

"Perkembangan pesantren di tengah modernisasi yang begitu cepat, membutuhkan inovasi untuk menopang tumbuh kembangnya pesantren secara mandiri," ujar Aly.

Sebelumnya, Pesantren Mu'Allimin Muhammadiyah Yogyakarta juga sudah mendirikan unit usaha lain seperti pabrik Roti 1918. Animo masyarakat terhadap pabrik roti tersebut maupun menggunakan jasa di 1918 Laundry ini dinilai terus meningkat.

"Unit-unit usaha terus dikembangkan, misalnya Roti 1918, 1918 Laundry, Kantin Pesantren, dan masih banyak lagi," jelasnya.

Tidak hanya itu, santri juga memiliki kelompok kreatif yang diwadahi dalam unit usaha milik pesantren. Hal ini, katanya, juga sebagai sarana bagi santri untuk mengembangkan jiwa entrepreneur.

"Secara tidak langsung, (lewat kelompok kreatif santri) menanamkan jiwa entrepreneur, juga diasah sebagai nilai tambah di Pesantren Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta," kata Aly.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement