Senin 12 Dec 2022 17:07 WIB

Revolusi Tim Samba, Federasi Sepak Bola Brasil Segera Tunjuk Pelatih Baru

Selain pelatih deretan pemain juga bakal mengalami perombakan.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Timnas Brasil sedang mencari pelatih pengganti Tite.
Foto: EPA-EFE/ABEDIN TAHERKENAREH
Timnas Brasil sedang mencari pelatih pengganti Tite.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Kegagalan timnas Brasil pada Piala Dunia 2022 Qatar berujung pada pengunduran diri Tite sebagai pelatih utama Selecao. Kini Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) tengah berkonsolidasi untuk mencari sosok pelatih baru.

Presiden CBF, Ednaldo Rodrigues, bertanggung jawab untuk memutuskan siapa pelatih pengganti Tite di kursi utama Selecao.

Baca Juga

"Kami akan membicarakannya setelah Piala Dunia, tetapi kami tak memiliki prasangka kebangsaan," kata Rodrigues dalam sebuah pertemuan dikutip Marca, Senin (12/12/2022).

Brasil yang menjadi favorit untuk menjuarai Piala Dunia edisi ke-22 seketika sirna. Harapan masyarakat tim Samba terkubur usai timnas Brasil kalah dari Kroasia lewat drama adu penalti di babak perempat final.

Menyusul hasil mengecewakan beberapa perubahan diperkirakan terjadi dalam hal pelatih dan skuad. Selain Tite, staf kepelatihan yang juga putranya Matheus serta Cleber Xavier dipastikan angkat koper dari timnas Brasil.

Beberapa nama calon kandidat pelatih Brasil mengapung seperti Abel Ferreira (Palmeiras), Fernando Dinzi (Fluminense), Mano Menezes (Internacional), serta Dorival Junior.

Tetapi Rodrigues belum mengambil keputusan. Ia mengaku akan ada dua persyaratan untuk calon pelatih baru untuk mengerjakan proyek jangka panjang.

Selain pelatih deretan pemain juga bakal mengalami perombakan. Thiago Silva dan Dani Alves diprediksi tidak akan masuk ke dalam skuad.

Silva sebelumnya mengatakan dirinya tidak akan bisa bergabung dengan Brasil pada Piala Dunia 2026 mendatang. Meskipun berpeluang tampil pada ajang Copa America berikutnya.

Adapun Dani Alves belum menjelaskan apakah dirinya berencana pensiun dalam waktu dekat. Pun, kekhawatiran publik tertuju pada Neymar Jr yang dirumorkan mempertimbangkan untuk gantung sepatu. "Jika saya mengatakan ini adalah akhirnya, saya akan terburu-buru, tetapi saya juga tak menjamin apa pun," kata Neymar Jr.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement