Senin 12 Dec 2022 09:39 WIB

Arab Saudi Keluarkan 4 Juta Visa Umroh Selama 5 Bulan Terakhir

Arab Saudi memberikan kemudahan umroh melalui platform Nusuk

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Jamaah umrah asal Indonesia berswafoto (ilustrasi). Arab Saudi memberikan kemudahan umroh melalui platform Nusuk
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Jamaah umrah asal Indonesia berswafoto (ilustrasi). Arab Saudi memberikan kemudahan umroh melalui platform Nusuk

IHRAM.CO.ID, RIYADH – Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi telah mengeluarkan empat juta visa umroh sejak awal musim umroh 1444 H saat ini. 

Hal ini sejalan dengan upaya kementerian dalam bermitra dengan sejumlah sektor dalam sistem haji dan umroh. 

Baca Juga

Kemitraan dengan beberapa sektor tersebut bertujuan untuk memfasilitasi kedatangan jamaah melalui pengajuan elektronik di platform "Nusuk", sebagaimana dilansir Argaam, Senin (12/12/2022). 

Selain itu, juga untuk memfasilitasi penyampaian layanan berkualitas tinggi dan memungkinkan jamaah haji untuk melakukan ritual mereka dengan mudah dan tenang, sejalan dengan Visi 2030. 

Selanjutnya, Arab Saudi memperpanjang periode visa Umrah dari 30 menjadi 90 hari, dan mengizinkan masuk ke Kerajaan melalui pelabuhan darat, laut, dan udara. 

Untuk mempermudah pelaksanaan haji dan umroh bagi umat Muslim, Arab Saudi telah meluncurkan secara resmi platform nasional untuk haji dan umroh yaitu Nusuk, yang sebelumnya adalah Eatmarna. 

Menteri Haji, Dr Tawfiq, lantas mencatat bahwa platform Nusuk menawarkan sekitar 45 layanan untuk individu dan 75 layanan untuk pelaku bisnis. 

"Platform ini bercita-cita untuk memberikan layanannya kepada lebih dari 30 juta orang, bekerja sama dengan lebih dari 10 ribu entitas di sektor bisnis dan 25 departemen pemerintah," ujar dia. 

Platform Nusuk ini berada di bawah payung program layanan jamaah haji, salah satu program Visi 2030. Bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Otoritas Pariwisata Saudi. 

Platform tersebut akan memperkenalkan jamaah ke semua fase umroh, serta ke daerah bersejarah dan situs keagamaan di Makkah dan Madinah. 

Platform ini memberikan prosedur yang mudah dan nyaman.Tujuan platform Nusuk yakni memberikan layanan yang berbeda kepada jamaah dan memperkaya pengalaman bagi para jamaah maupun peziaran dalam rangka mencapai tujuan program Visi Kerajaan 2030. 

Menurut Kementerian Haji Saudi, jumlah penerima manfaat aplikasi Nusuk mencapai lebih dari 20 juta. 

Hal itu meliputi jamaah yang melaksanakan umroh dan sholat di Masjidil Haram, mengunjungi Masjid Nabawi, selain berdoa di Rawdah Sharif. 

Otoritas Saudi juga telah menyampaikan ada hampir lima juta jamaah dari dalam Kerajaan dan luar negeri telah melaksanakan ibadah umroh selama musim 2022.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement