Senin 12 Dec 2022 02:49 WIB

Passkey Kini Tersedia di Chrome Dekstop dan Android

Chrome 108 menandai kemunculan pertama passkeys dalam rilis stabil.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Password (ilustrasi)
Foto: WISE GEEK
Password (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Passkeys atau standar autentikasi biometrik terbaru yang menggantikan kata sandi, kini tersedia di versi stabil Google Chrome di desktop dan perangkat Android.

Google menegaskan keyakinan di kalangan teknologi bahwa kata sandi rentan terhadap kebocoran data, serangan phishing. Kedepannya, passkeys di Chrome di Android akan disinkronkan melalui Google Password Manager, atau pengelola kata sandi lain yang mendukungnya.

Baca Juga

Masa depan passkeys

Passkeys sudah tersedia di iPhone dan iPad, setelah mulai terintegrasi ke dalam iOS. Seperti integrasi iOS, Google Chrome akan memungkinkan Anda menggunakan passkeys yang disimpan di perangkat seluler terdekat dengan permintaan masuk di perangkat desktop.

Dalam posting blog Cromium, Google mengklaim hal ini dimungkinkan karena passkeys dikembangkan sesuai dengan “standar industri”. Chrome 108 menandai kemunculan pertama passkeys dalam rilis stabil.

TechRadar Pro melaporkan bahwa passkey telah tersedia dan diuji coba sejak Oktober 2022 di Chrome Canary, versi eksperimental browser yang dirancang untuk pemrogram.

Sebagian besar daya tarik passkeys adalah kontrol. Jika sudah menggunakan passkey, pengguna bisa dengan aman berada online tanpa perlu lagi repot mengingat-ingat password atau kredensial autentikasi pengguna. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement