Ahad 11 Dec 2022 18:10 WIB

FIFA Unggah Salam Perpisahan untuk Ronaldo

FIFA menilai Ronaldo sebagai salah satu legenda di sepak bola dan Piala Dunia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
 Achraf Dari Maroko (kiri) dan Jawad El Yamiq (tengah) menghibur Cristiano Ronaldo Portugal pada akhir pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia antara Maroko dan Portugal, di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar,  Sabtu (10/12).
Foto: AP/Alessandra Tarantino
Achraf Dari Maroko (kiri) dan Jawad El Yamiq (tengah) menghibur Cristiano Ronaldo Portugal pada akhir pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia antara Maroko dan Portugal, di Stadion Al Thumama di Doha, Qatar, Sabtu (10/12).

REPUBLIKA.CO.ID, NYON -- Cristiano Ronaldo harus mengakhiri kiprah di Piala Dunia 2022 tanpa trofi. Pengoleksi lima gelar Ballon d'Or itu gagal mengantarkan Os Navegadores, julukan Portugal, melewati adangan Maroko pada babak perempat final Qatar 2022, Sabtu (10/12/2022) malam WIB. Portugal menyerah, 0-1, di tangan satu-satunya wakil Afrika yang masih tersisa di gelaran Piala Dunia 2022 tersebut. 

Pertandingan yang digelar di Stadion Al Thumama, Doha, itu pun dianggap sebagai laga terakhir Ronaldo di arena Piala Dunia. Anggapan ini terkait dengan usia pengoleksi lima gelar Ballon d'Or tersebut. Dengan usia yang telah menginjak 37 tahun, Ronaldo diragukan merumput di Piala Dunia 2026.

Baca Juga

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dalam salah satu unggahan di media sosial khusus Piala Dunia seolah sudah mengungkapkan ucapan selamat tinggal buat eks bintang Manchester United tersebut. "Mitos, Legenda, Mesin, Terima Kasih, Cristiano," tertulis di unggahan tersebut seperti dilansir Marca, Ahad (11/12/2022). 

Unggahan itu pun dilengkapi dengan cuplikan video, yang berisi momen-momen terbaik Ronaldo kala tampil pada ajang Piala Dunia. Dalam video berdurasi tiga menit, 48 detik tersebut, FIFA juga menyuguhkan semua gol yang dicetak Ronaldo di pentas Piala Dunia, diawali saat merobek gawang Iran di Piala Dunia 2006, hingga gol Ronaldo ke gawang Maroko pada babak penyisihan grup Piala Dunia 2018. 

Ronaldo satu di antara delapan pemain yang pernah merasakan tampil dalam lima edisi berbeda di Piala Dunia. Sejak melakoni debut di Piala Dunia 2006, Ronaldo tidak pernah absen membela Portugal di pentas Piala Dunia. 

Ronaldo pun menorehkan rekor di Qatar 2022. Gol penalti ke gawang Ghana pada laga pembuka Grup H, tiga pekan lalu, mengantarkan Ronaldo menjadi pemain pertama yang mampu mencetak gol dalam lima edisi Piala Dunia berbeda. Hingga saat ini, prestasi terbaik Ronaldo adalah mengantarkan Portugal finis di peringkat keempat pada Piala Dunia 2006. 

Dari segi catatan performa, Ronaldo telah merumput dalam 22 laga Piala Dunia, dengan torehan delapan gol dan dua assist. Ronaldo pun berhasil mengantarkan Portugal meraih kemenangan dalam tiga laga fase gugur. Namun, Ronaldo tercatat belum pernah mencetak satu gol pun dalam delapan kali kesempatan merumput di fase gugur Piala Dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement