Sabtu 10 Dec 2022 17:10 WIB

Pesan Maruf Amin ke Kaesang-Erina: Terima Kelebihan dan Kekurangan Pasangan Anda

Proses akad nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono dilaksanakan siang tadi.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Nidia Zuraya
Lokasi akad nikah Kaesang-Erina di Pendopo Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, DIY, Sabtu (10/12/2022).
Foto: Silvy Dian Setiawan/REPUBLIKA
Lokasi akad nikah Kaesang-Erina di Pendopo Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, DIY, Sabtu (10/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan nasihat pernikahan pada proses akad nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). Dalam nasehatnya kepada putra dan menantu Presiden Joko Widodo itu, Kiai Ma'ruf mengingatkan kedua mempelai untuk menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing.

"Terimalah istri Anda dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada padanya. Terimalah suami anda dengan segala kelebihan dan kekurangan apa adanya. Tidak ada suami yang sempurna, tidak ada istri yang sempurna, pasti ada kekurangannya, ada cacatnya," ujar Ma'ruf.

Baca Juga

Ma'ruf mengatakan, biasanya suami istri baru mengetahui tabiat atau kebiasaan pasangannya, setelah menikah. "Mungkin waktu belum nikah belum tahu seperti apa suaminya itu, tapi setelah nikah nanti tahu, misalnya tahu-tahu kalau tidur ngorok misalnya, terimalah suami anda dengan segala apa yang ada padanya," kata Ma'ruf yang kemudian membuat hadirin tertawa.

Ma'ruf melanjutkan, begitu juga suami harus menerima istri apa adanya. Dia mengingatkan, setiap individu memiliki perbedaaan, baik laki-laki atau perempuan.

"Perempuan juga tidak sama, ada perempuan yang sulit bicara, seminggu sekali ada, pelit bicara. Tapi ada perempuan yang kalau bicara tidak mau berhenti, kalau suaminya satu kalimat istrinya kaya petasan, ter..ter..ter ada," canda Ma'ruf.

"Ada yang jarang senyum, sulit senyum, ada yang senyumnya tidak pernah berhenti-henti. Ada yang nurut, ada yang galak, terimalah istri anda dengan segala apa yang ada padanya," ujarnya.

Ma'ruf mengingatkan kedua mempelai untuk membangun rumah tangga dengan niat ibadah karena Allah SWT. Sebab, banyak amalan yang kelihatannya duniawi tetapi bisa menjadi amalan akhirat.

Sebaliknya, banyak yang kelihatannya amalan akhirat tetapi dia berubah menjadi amal duniawi tidak berpahala bahkan berdosa karena niatnya tidak baik.

"Karena itu, kamu luruskan niatnya, niat ibadah kepada Allah SWT. Dan saya juga ingatkan kepada pengantin yang sudah lama, yang barangkali dulu niatnya belum lurus, belum betul, saya anjurkan niat kembali memperbaharui niatnya supaya sisa-sisa perkawinannya itu diberkahi oleh Allah SWT," ujar Ma'ruf.

Wapres beserta Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin menghadiri Akad Nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta, Jalan Laksda Adisucipto Nomor 62, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Wapres yang berpakaian adat Beskap Hitam Surakarta serasi dengan Ibu Wury yang mengenakan Kebaya tiba di lokasi acara sekitar pukul 12.25 WIB. Wapres dan Ibu Wury secara khidmat menyimak prosesi adat Pasrah Tampi yang dilakukan sebelum prosesi akad nikah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement