Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Pernikahan Kaesang-Erina Ajak 400 Penarik Becak dan 35 Penarik Andong Angkut Para Tamu

Sabtu 10 Dec 2022 11:47 WIB

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Gita Amanda

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meninjau lokasi akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022). Akad nikah putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep akan berlangsung pada Sabtu (10/12/2022).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meninjau lokasi akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022). Akad nikah putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep akan berlangsung pada Sabtu (10/12/2022).

Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Para penarik becak dan andong akan berperan penting dalam membawa para tamu undangan

REPUBLIKA.CO.ID, SURAKARTA -- Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan dilangsungkan sebagai Festival Budaya yang akan mengajak keterlibatan masyarakat Solo dan sekitarnya. Keterlibatan masyarakat yang dimaksud termasuk diantaranya tukang becak, andong, hingga pengamen jalanan.

Ketua Panitia Pernikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir menegaskan, khusus untuk becak dan andong akan diikutsertakan dalam rangkaian resepsi di sekitar Loji Gandrung dan Pura Mangkunegaran. Para penarik becak dan andong berperan penting dalam membawa para tamu undangan yang datang, terutama tamu yang tidak menggunakan bis.

Baca Juga

"Kami mengajak 400 becak dan 35 andong untuk ikut menyemarakan Festival Budaya dalam rangka pernikahan Mas Kaesang dan Mba Erina. Dengan jalan ini semua merasakan kebahagian yang dirasakan kedua mempelai," ujar Erick, dalam siaran pers, Sabtu (10/11/2022).

Para penarik becak dan andong, tambah Erick, berperan penting dalam membawa para tamu undangan yang datang. Terutama tamu yang tidak menggunakan bis dan tidak menginap. "Andong dan becak yang disediakan panitia, khusus untuk mengangkut para tamu undangan terutama bagi mereka yang berasal dari luar daerah dan tidak menginap di hotel," katanya.

Andong disediakan tempat parkir di dua titik yaitu Stadion Manahan Solo dan Benteng Vastenberg, dan dari lokasi tersebut akan disediakan 'Becak' dan 'Andong'.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi di Mapolresta Solo, menyampaikan hal senada. "Ini perlu saya sampaikan untuk meluruskan berita bahwa ada pembatalan. Saya sampaikan bahwa tidak ada pembatalan (penggunaan becak dan andong)," tegas Kapolda.

Jumlah total ada sebanyak 400 becak dan 35 andong yang disiapkan di Benteng Vastenburg dan kawasan parkir Stadion Manahan Solo untuk mengangkut para tamu yang tidak menginap di hotel. "Tukang becak dan andong tetap dilibatkan. Jadi nanti mereka akan mengantar tamu dari lokasi parkir di Benteng Vastenburg dan Stadion Manahan," tegas dia.

Luthfi menambahkan, seluruh tamu yang menggunakan alat transportasi massal baik itu becak, andong dan bus akan di drop di depan Pura Mangkunegaran. "Masyarakat tetap ikut terlibat sebagai subjek kegiatan budaya," katanya.

Selain itu sebanyak 220 shuttle bus juga disiapkan oleh panitia. Alat transportasi itu disiapkan untuk mengangkut para tamu yang menginap di 12 hotel di Solo dan tamu yang tidak menginap.

"Tamu-tamu VIP yang menginap di 12 hotel akan diangkut menggunakan shuttle bus. Tapi bus juga disediakan di Benteng Vastenburg dan Stadion Manahan," ujar Luthfi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA