Sabtu 10 Dec 2022 09:15 WIB

Puluhan IKM Kota Bogor Hadiri Halal Fair 2022

Gelaran produk halal fair ini bertujuan untuk memperkenalkan produk IKM Kota Bogor

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Muhammad Fakhruddin
Puluhan IKM Kota Bogor Hadiri Halal Fair 2022 (ilustrasi).
Foto: Prayogi/Republika.
Puluhan IKM Kota Bogor Hadiri Halal Fair 2022 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR — Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Dinkukmdagin) Kota Bogor kembali menggelar Produk Halal Fair 2022 setelah vakum selama empat tahun. Halal Fair 2022 menampilkan 40 produk makanan halal dari puluhan Industri Kecil Menengah (IKM) yang sudah difasilitasi sertifikat halal oleh Dinkukmdagin Kota Bogor.

“Halal fair sudah ada sejak 2010, terakhir digelar di 2017. Setelah empat tahun vakum kami coba gelar lagi. Jadi Ini event sudah ke-8 kali digelar,” ujar Kepala Dinkukmdagin Kota Bogor, Ganjar Gunawan, dalam keterangannya, Sabtu (10/12/2022).

Baca Juga

Ganjar mengatakan, gelaran produk halal fair ini bertujuan untuk memperkenalkan produk IKM Kota Bogor yang sudah mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI. Setiap tahun Dinkukmdagin menganggarkan dana untuk memfasilitasi para IKM Kota Bogor mendapatkan sertifikat halal secara gratis.

Tercatat, sejak 2010 sampai 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah memfasilitasi 690 IKM untuk mendapatkan sertifikat halal. “Di 2021 kami memfasilitasi 45 IKM dan di 2022 ada 25 IKM yang difasilitasi sertifikat halal. Nah, Produk Halal Fair 2022 ini gabungan dari IKM yang sudah kami fasilitas walaupun tidak semua bisa berpartisipasi,” sebutnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengatakan, pihaknya sangat mendukung Dinkukmdagin untuk bisa membuat gelaran produk Halal Fair yang lebih besar. Pasalnya, sejak 2010 Kota Bogor sudah mendeklarasikan sebagai Kota Halal walaupun memang banyak yang harus disiapkan untuk menjadi Kota Halal. Salah satunya memastikan setiap produk makanan mempunyai sertifikat halal.

“Masyarakat saat ini juga sudah mulai peduli pada produk halal di luar makanan dan minuman seperti produk tas, sepatu, kosmetik halal. Jadi semoga ke depan produk Halal Fair bisa merambah ke lebih banyak produk halal sekaligus untuk memberikan edukasi ke masyarakat,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement