Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Ini Chris dan Reza, Dua Atlet Indonesia yang akan Beraksi di Ajang Binaraga Mr. Olympia

Sabtu 10 Dec 2022 09:04 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Fareza Febriano dan Chris Putra akan bertanding mewakili Indonesia di Amateur Olympia Las Vegas 2022.

Fareza Febriano dan Chris Putra akan bertanding mewakili Indonesia di Amateur Olympia Las Vegas 2022.

Foto: Dok. Web
Keduanya akan jadi atlet binaraga pertama Indonesia yang berlaga di Mr. Olympia

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Mr. Olympia lama dikenal sebagai kompetisi binaraga profesional bergengsi skala internasional di Joe Weider's Olympia Fitness & Performance Weekend. Kompetisi ini diadakan setiap tahun oleh International Federation of BodyBuilding & Fitness (IFBB).

Semenjak diadakan pertama kali pada tanggal 18 September 1965, kompetisi ini meraih banyak dukungan dan antusias dari para binaraga dari seluruh dunia. Tak terkecuali peserta binaraga dari Indonesia.

Baca Juga

Tahun 2022 ini, kompetisi Mr. Olympia akan diadakan di Las Vegas pada tanggal 15 Desember hingga 18 Desember 2022 yang akan diikuti oleh para peserta dari seluruh dunia.

Indonesia sendiri akan mengirim dua atlet binaraga binaan jenama lokal yakni Fareza Febriano dan Chris Putra yang akan bertanding mewakili Indonesia di Amateur Olympia Las Vegas 2022. Hal tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia, karena Fareza Febriano dan Chris Putra akan menjadi atlet binaraga pertama Indonesia yang berlaga di kejuaraan dunia Olympia Las Vegas.

Sebelumnya, Chris dan Reza juga sukses meraih 10 medali emas di kejuaraan NPC Worldwide Singapore Showdown 2022, pada tanggal 6 Agustus lalu.

Fareza Febriano menyumbang lima medali di kategori Bodybuilding dan Chris Putra juga menyumbang lima medali dalam kategori Classics Physique. Chris dan Reza telah mempersiapkan diri dengan maksimal untuk maju dan bertanding di Olympia Las Vegas 2022 dengan menjaga nutrisi, pola makan, pola tidur serta suplementasi yang tepat.

Melihat momen ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi dan dukungan terhadap Chris dan Reza dengan mengundang dua atlet binaragawan tersebut dalam The Weekly Brief with Sandi Uno.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Salahuddin Uno berbincang-bincang sekaligus melepas atlet binaragawan tersebut untuk maju bertanding ke Amateur Olympia Las Vegas 2022.

Undangan Sandiaga ini bukanlah tanpa alasan, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarat itu menuturkan bahwa memang ada sejumlah cabang olahraga yang terhubung dengan sektor pariwisata diantaranya adalah gym dan golf.

Menurutnya, para generasi muda di Indonesia patut untuk mencontoh daya juang kedua atlet binaraga tersebut yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kompetisi berskala internasional.

Sandiaga Uno juga berharap agar prestasi dari keduanya mampu menginspirasi generasi muda penerus bangsa.

"Ini jadi ada dua, satu adalah atlet Indonesia berlaga mengharumkan nama bangsa, mudah-mudahan menang, kami doakan," kata dia, seperti dikutip pada Sabtu (10/11/2022).

Namun, di balik kesuksesan Chris Putra sebagai atlet binaraga tersebut, siapa sangka bahwa ia sempat meniti karier dari menjadi Office Boy (OB). Bahkan, ia juga sempat menjadi pengamen sebelum memutuskan untuk menjadi atlet binaraga.

"Kalian harus ingat pesan saya bahwa untuk memiliki badan ideal itu tidak mesti memiliki uang yang banyak. Saya dulu pernah jadi pengamen, OB (Office Boy), saya pernah melewati berbagai proses yang hampir menyerah untuk menjadi bodybuilder. Jangan jadikan ekonomi sebagai hambatan dan rintangan yang membuat usaha kita menjadi yang terbaik terhenti," ujarnya.

Di sisi lain, Fareza juga mengungkapkan beberapa tips latihan yang selama ini ia jalani hingga sukses menorehkan prestasi.

"Resepnya latihan yang keras dan konsisten, minimal 1-2 jam setiap hari. Buat teman-teman semua, pesan saya bagi para atlet binaraga dan tekun di dunia fitness, rajin latihan, tetap konsisten, jaga pola makan, dan jangan lupa ingat target ingat Evolene," kata Fareza.

Evolene sendiri dikenal menjadi suplemen fitness lokal pertama yang memberangkatkan Atlet Bodybuilding ke Olympia Amateur Las Vegas.  Tak hanya itu saja, Kemenparekraf juga mendukung fasilitas sport tourism yang nantinya akan bekerja sama dan dipercayakan kepada Evolene.

“Kami sendiri sudah berkomitmen untuk mendukung atlet-atlet Indonesia agar tidak takut bermimpi. Karena prestasi-prestasi mereka ini luar biasa, terlebih yang dibawa adalah nama Indonesia. Jadi Evolene sendiri membantu support dengan suplemen untuk orang-orang seperti Fareza dan Chrisna dalam menggapai prestasi-prestasi luar biasa di depan sana,” CEO Evolene Christian Dicky.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA