Sabtu , 10 Dec 2022, 01:31 WIB

Singkirkan Brasil, Bukti Kroasia Rajanya Adu Pinalti

Rep: Anggoro Pramudya / Red: Agung Sasongko
 Pemain Kroasia merayakan setelah memenangkan adu penalti pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia FIFA 2022 antara Kroasia dan Brasil di Stadion Education City di Doha, Qatar, Jumat (9/12/2022).
Foto EPA-EFE/Georgi Licovski

Pemain Kroasia merayakan setelah memenangkan adu penalti pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia FIFA 2022 antara Kroasia dan Brasil di Stadion Education City di Doha, Qatar, Jumat (9/12/2022).

Dari Lima adu penalti yang dilakoni Kroasia sukses memenangkan empat diantaranya.

REPUBLIKA.CO.ID,  AR-Rayyan -- Timnas Brasil menjadi korban kekejaman drama adu penalti usai disingkirkan Kroasia dengan skor akhir 4-2 pada babak perempat final Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Kemenangan Selecao, julukan Brasil sejatinya sudah berada di depan mata setelah bintang Neymar Jr sukses mencetak gol pada menit ke-105+1.

Baca Juga

photo
Neymar (Kanan) dari Brasil merayakan setelah mencetak keunggulan 1-0 selama pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia FIFA 2022 antara Kroasia dan Brasil di Stadion Education City di Doha, Qatar, Jumat (9/12/2022). - (EPA-EFE/Friedemann Vogel)

Namun kesabaran pun kegigihan Kroasia dalam mencetak gol penyeimbang terwujud menit ke-116. Pemain pengganti Bruno Petkovic menyelamatkan Vatreni dari kekalahan. Hasilnya pemenang harus ditentukan lewat adu penalti.

photo
Bruno Petkovic dari Kroasia merayakan gol 1-1 selama pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia FIFA 2022 antara Kroasia dan Brasil di Stadion Education City di Doha, Qatar, Jumat (9/12/2022). - (EPA-EFE/Rolex dela Pena)

Pada pertarungan tos-tosan tersebut dua pemain Brasil Rodrygo sebagai penendang kedua dan Marquinhos algojo keempat gagal menyarangkan bola ke gawang Kroasia.

Sedangkan empat eksekutor Kroasia yakni Nikola Vlasic, Lovro Majer, Luka Modric dan Mislav Orsic sukses mengelabui kiper Brasil. Hasilnya skor berkesudahan 4-2.

photo
Mislav Orsic dari Kroasia mencetak gol penalti melawan kiper Alisson dari Brasil selama pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia FIFA 2022 antara Kroasia dan Brasil di Stadion Education City di Doha, Qatar, Jumat (9/12/2022). - (EPA-EFE/Rolex dela Pena)

Kekalahan ini kembali memupus harapan Brasil untuk mengakhiri puasa gelar Piala Dunia selama dua dekade. Terakhir Canarinho Selecao menjuarai gelaran tersebut pada 2002 silam.

photo
Reaksi Neymar dari Brasil setelah kalah dalam pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia FIFA 2022 antara Kroasia dan Brasil di Education City Stadium di Doha, Qatar, Jumat (9/12/2022). - (EPA-EFE/Neil Hall)

Berikut fakta menarik kekalahan Brasil Vs Kroasia dikutip Opta :

3 Brasil menjadi satu-satunya tim pertama dari 13 tim yang unggul lebih dulu di perpanjangan waktu Piala Dunia namun gagal mempertahankan kemenangan

4 Kiper Kroasia Dominik Livakovic sukses menyelamatkan empat tembakan penalti, terbanyak di antara kiper mana pun dalam sejarah kejuaraan Piala Dunia

4 Dari lima adu penalti yang dijalankan timnas Kroasia sukses memenangkan empat diantaranya. Terakhir kalah dalam adu penalti terjadi pada perempat final Euro 2008

5 Timnas Kroasia telah memainkan lima dari tujuh pertandingan Piala Dunia terakhir yang dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu

77 Neymar telah mencetak 77 gol untuk timnas Brasil menyamai rekor legenda Pele sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah Selecao

2002 Terakhir kali Brasil menjuarai Piala Dunia terjadi pada 2002 ketika bermain di Jepang-Korea

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
kroasia vs brasil kroasia kalahkan brasil adu pinalti kroasia brasil piala dunia
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya