Jumat , 09 Dec 2022, 23:20 WIB

Menengok Ulang Starting XI Spanyol pada Pertandingan Pertama Luis Enrique sebagain Pelatih

Rep: Rahmat Fajar / Red: Muhammad Akbar
Pelatih kepala Spanyol Luis Enrique berbicara kepada wartawan saat konferensi pers, di Doha, Qatar, Senin, 5 Desember 2022. Spanyol akan bermain melawan Maroko di babak 16 besar turnamen sepak bola Piala Dunia pada 6 Desember.
Foto AP/Julio Cortez

Pelatih kepala Spanyol Luis Enrique berbicara kepada wartawan saat konferensi pers, di Doha, Qatar, Senin, 5 Desember 2022. Spanyol akan bermain melawan Maroko di babak 16 besar turnamen sepak bola Piala Dunia pada 6 Desember.

Enrique mencatatkan 21 kemenangan dan 11 seri dalam 39 pertandingan

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID--Luis Enrique dipecat sebagai pelatih Spanyol setelah tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia Qatar 2022. La Roja yang sejatinya favorit juara dikalahkan Maroko lewat adu penalti.

Enrique menjalani dua periode sebagai pelatih Spanyol. Periode pertamanya pada Juli 2018 hingga Maret 2019. Penggantinya Julen Lopetegui mengundurkan diri karena alasan pribadinya pada Juni 2019. Sehingga Enrique kembali ditunjuk sebagai pelatih Spanyol pada November 2019.

Pada periode keduanya, ia mencatatkan 21 kemenangan dan 11 seri dalam 39 pertandingan di semua kompetisi. Enrique melakukan banyak perombakan pemain terutama di Piala Dunia kali ini.

HITC Football melihat kembali starting XI Spanyol pada pertandingan pertama kepelatihan Enrique saat mengalahkan Inggris 2-1 di Liga Bangsa-Bangsa pada September 2018.

David de Gea (GK)

Keputusan Enrique mencoret De Gea dari skuad Piala Dunia Qatar mungkin membuatnya dipecat. Unai Simon bukan pilihan meyakinkan menjadi kiper nomor satu La Roja selama turnamen. Dia membuat beberapa kesalahan. Oleh karena mencoret De Gea yang merupalan piliha  utama pada periode pertama kepelatihannya bisa jadi alasan ia dipecat.

Dani Carvajal (RB)

Karirnya di timnas Spanyol mungkin berakhir seiring dipecatnya Enrique. Marcos Llorente menjadi starter saat melawan Maroko setelah Carvajal terlihat sangat lambat saat menghadapi Jepang. Enrique juga membatasi penampilannya ketika melawan Jerman.

SERGIO RAMOS (CB):

Ramos menjadi kapten dalam pertandingan pertama Enrique sebagai pelatih Spanyol melawan Inggris pada 2018. Ramos tetap menjadi kapten Spanyol hingga Maret 2021 sebelum bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG). Sejak saat itu Ramos tak tampil lagi.

Nachi Fernandez (CB)

Kemenangan Spanyol 2-1 September 2018 di Wembley menjadi laga terakhir Nacho bersama timnas Spanyol.

Marcos Alonso (LB)

Alonso mendapatkan 89 persen penampilannya bersama Spanyol di bawah pelatih Enrique. Dia terakhir tampil untuk Spanyol pada Juni 2022.

Sergio Busquets (CDM)

Busquet salah satu pemain veteran yang dibawa Enrique ke Qatar. Pemecatan Enrique kemungkinan Busquets tak akan lagi memperkuat Spanyol. La Roja mungkin juga perlu mencari kapten baru.

Saul Niguez (CM)

Saul mencatatkan 19 pertandingan bersama Spanyol. Dia gagal mempertahankan keyakinan Enrique agar terus memilihnya.

Thiago Alcantara (CM)

Enrique mungkin menyesal tak membawanya ke Qatar. Pemain Liverpool itu mencatatkan 46 pertandingan bersama Spanyol.

Rodrigo

Pemain ini memulai debutnya di timnas Spanyol pada Oktober 2014 di bawah asuhan Vicente del Bosque. Namun kehadirannya di timnas secara konsisten terjadi antara 2017 hingga 2020. Terakhir kali dia membela Spanyol pada November 2021.

Iago Aspas

Karir terakhir Aspas di timnas Spanyol pada Juni 2019.

Isco

Mantan pemain Real Madrid itu tak lagi membela Spanyol sejak Juni 2019. Dia mencatatkan 12 gol dan enam assist dalam 38 pertandingan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Luis Enrique Spanyol piala dunia 2022
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya