Saturday, 6 Rajab 1444 / 28 January 2023

Pemkab Garut Siapkan Mitigasi Gempa Akibat Sesar Garsela di Pasirwangi

Jumat 09 Dec 2022 21:25 WIB

Red: Ilham Tirta

Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Foto: Dok. Diskominfo Kabupaten Garut
Warga Garut diminta waspada sambil berdoa gempa tersebut tidak berisiko tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Bupati Garut, Rudy Gunawan menyatakan, pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah mitigasi kebencanaan terhadap ancaman gempa dari sesar Garsela di Kecamatan Pasirwangi, maupun kecamatan lainnya. Bahkan, pemerintah telah mengeluarkan standar prosedur operasi ketika gempa, yang diprediksi, menggetarkan tanah dan bangunan.

"Kalau terjadi kebencanaan ke mana, pertama ke ruang terbuka, ruang terbuka yang aman," kata Rudy di Garut, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga

Ia menuturkan, hasil kajian Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bahwa Garut memiliki kawasan sesar Garsela di delapan kecamatan. Pasirwangi menjadi salah satu wilayah yang menjadi perhatian pemerintah untuk mencegah risiko tinggi.

"Kita sudah merumuskan dalam mitigasi ketika terjadi bencana, yang berhubungan dengan gempa bumi, semua berhati-hati, bencana ini (bisa terjadi) mau tengah hari, mau malam hari," katanya.

Ia berharap mitigasi yang dibuat bisa menjadi perhatian semua pihak agar mewaspadai ancaman gempa itu. "Kami tidak mau menakut-nakuti, tapi kami melakukan mitigasi kebencanaan di semua tempat, terutama ada di sesar Garsela," katanya.

Rudy mengungkapkan, selama ini gempa bumi dengan skala kecil telah beberapa kali terjadi di Garut. Berdasarkan hasil kajian PVMBG, gempa di Garut berasal dari sesar Garsela.

Ia berharap ancaman bencana alam itu tidak menimbulkan risiko yang besar. Untuk itu, semua elemen masyarakat diminta berdoa agar semuanya selamat dari bencana alam.

"Kita coba untuk menyampaikan imbauan hati-hati, kita tidak bisa apa-apa, kita tidak bisa berprediksi apapun hanya berdoa kepada Allah," kata Bupati.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA