Monday, 15 Rajab 1444 / 06 February 2023

Pemkab Penajam Siapkan Dana Rp 35 Miliar Bangun Jalan Sekitar IKN

Jumat 09 Dec 2022 20:07 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Pekerja menggarap proyek jalur logistik dan material khusus untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pemkab Penajam menyiapkan dana sebesar Rp 35 miliar untuk membangun jalan sekitar IKN.

Pekerja menggarap proyek jalur logistik dan material khusus untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pemkab Penajam menyiapkan dana sebesar Rp 35 miliar untuk membangun jalan sekitar IKN.

Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Pemkab Penajam menyiapkan dana sebesar Rp 35 miliar untuk membangun jalan sekitar IKN

REPUBLIKA.CO.ID, PENAJAM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyiapkan dana sekitar Rp 35 miliar pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 untuk pembangunan jalan pendekat menuju Ibu Kota Negara (IKN) IKN Nusantara.

Menurut Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Sekda) Penajam Paser Utara, Nicko Herlambang di Penajam, Jumat (9/12/2022), pemkab berencana membangun jalan menuju Kawasan Industri Buluminung (KIB), sekaligus bisa menjadi jalan pendekat menuju IKN Nusantara.

Baca Juga

Anggaran pembangunan jalan tersebut, lanjutnya, disiapkan Rp 35 miliar pada APBD 2023dan akan ditangani Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Dana pembangunan jalan yang disiapkan Pemkab Penajam Paser Utara terinci Rp 25 miliar untuk pekerjaan fisikdan Rp 10 miliar untuk pembebasan lahan.

Ruas jalan yang bakal dibangun di wilayah Kecamatan Penajam dari arah Silkar menuju Buluminung sepanjang dua kilometer. Setelah jalan tersebut terbangun, kata dia, akan memudahkan akses menuju kawasan industri dan juga bisa digunakan sebagai jalan pendekat menuju IKN Nusantara.

Lalu lintas atau pengiriman material dan logistik pembangunan IKN Nusantara dapat melalui jalan itukarena jarak tempuh hanya sekitar satu jam sampai ke wilayah IKN Nusantara.

Pembangunan dan perbaikan yang akan mulai dikerjakan pada 2023 tersebut, kata Nicko Herlambang, sebagai upaya untuk mempermudah pemilik modal yang hendak menanamkan modal di KIB.

Pemkab Penajam siapkan lahan sekitar 9.000 hektare KIB, karena dengan pemindahan IKN dari Jakarta ke Kalimantan Timur dapat dipastikan bakal banyak investor yang akan berinvestasi di daerah berjuluk Benuo Taka itu.

Pihaknya telah mengajukan penerbitan izin pengelolaan kawasan industri tersebut kepada pemerintah pusat.Kawasan industri yang disiapkan seluas 9.000 hektare meliputi wilayah Kelurahan Buluminung, Jenebora, dan Kelurahan Gersik di Kecamatan Penajam.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA