Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Olahraga Harus Dibiasakan Sejak Anak Usia Sekolah, SKJ Bisa Jadi Pilihan

Jumat 09 Dec 2022 15:21 WIB

Red: Mas Alamil Huda

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda saat melakukan senam kesegaran jasmani (SKJ) bersama ratusan pelajar di SMKN 1 Tirtamulya, Karawang, Jawa Barat, Jumat (9/12/2022). Kebiasaan olahraga harus dilatih sedini mungkin agar menjadi gaya hidup sekaligus kebutuhan bagi seseorang.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda saat melakukan senam kesegaran jasmani (SKJ) bersama ratusan pelajar di SMKN 1 Tirtamulya, Karawang, Jawa Barat, Jumat (9/12/2022). Kebiasaan olahraga harus dilatih sedini mungkin agar menjadi gaya hidup sekaligus kebutuhan bagi seseorang.

Foto: Dok Istimewa
Kebiasaan olahraga harus dilatih sedini mungkin agar menjadi kebutuhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kebiasaan olahraga harus dilatih sedini mungkin agar menjadi gaya hidup sekaligus kebutuhan bagi seseorang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengenalkan olahraga senam kesegaran jasmani (SKJ) kepada anak usia sekolah.

"Olahraga pada prinsipnya harus mudah dan menyenangkan. Seperti SKJ ini yang tidak perlu banyak hal untuk dilakukan tapi ketika dijalani rasanya asik, menyegarkan pikiran, dan menyehatkan tubuh," ujar Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, usai melakukan SKJ bersama ratusan pelajar di SMKN 1 Tirtamulya, Karawang, sebagaimana keterangannya pada Jumat (9/12/2022). 

Baca Juga

Huda mengatakan, saat ini pentingnya olah gerak tubuh belum menjadi kesadaran bagi peserta didik. Apalagi, saat ini fenomena ketergantungan gawai yang kian merambah di kalangan anak usia sekolah. 

"Dengan berbagai fitur yang ada gadget kian menumbuhkan budaya rebahan yang berbahaya bagi kesehatan utamanya tumbuh kembang anak usia sekolah," katanya. 

Tren ini, kata Huda, harus menjadi perhatian para pemangku kepentingan baik pemerintah, sekolah, hingga orang tua. Menurutnya, perlu digelorakan kembali kegiatan SKJ sebagai rutinitas dalam jangka waktu tertentu.

"Senam adalah 'mother of all sports' (ibu dari semua olahraga). Dasar-dasar olahraga kita dapatkan semua melalui gerakan senam. Jadi SKJ sangat bermanfaat. SKJ yang rutin sejak dini adalah cara termudah untuk jadi sehat dan kuat," katanya. 

Politisi PKB ini menegaskan pentingnya olahraga untuk menyiapkan generasi muda menyongsong Generasi Indonesia Emas 2045. Ia mengatakan, dari budaya berolahraga akan lahir manusia-manusia Indonesia yang tangguh dan berdaya saing tinggi. 

"Generasi muda saat ini yang akan membawa dan menentukan kemajuan Indonesia. Selain untuk kebugaran, olahraga dapat merangsang kemampuan berpikir dan mengambil keputusan," katanya. 

Legislator dapil Jawa Barat VII itu mengatakan, olah raga rutin akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, dengan olah tubuh rutin maka kesehatan jiwa penikmatnya akan ikut terbentuk.

"Melalui olahraga, kita akan melahirkan pemimpin-pemimpin cerdas, inovatif, dan kreatif. Melalui olahraga, kita akan meningkatkan kualitas hidup bangsa," ujar Huda.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA