Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Ikatan Dai Indonesia Sambut Baik Mukernas MUI 2022

Jumat 09 Dec 2022 14:48 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

 Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (IKADI) KH Dr Ahmad Kusyairi Suhail. Ikatan Dai Indonesia Sambut Baik Mukernas MUI 2022

Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (IKADI) KH Dr Ahmad Kusyairi Suhail. Ikatan Dai Indonesia Sambut Baik Mukernas MUI 2022

Foto: Umar Mukhtar/Republika
MUI diminta mengoptimalkan perannya sebagai khadimul ummah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyelenggarakan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Ke-2 Tahun 2022 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, pada 8-10 Desember 2022. Mukernas telah dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin.

Mukernas diikuti oleh 246 peserta yang terdiri dari Dewan Pimpinan MUI, Dewan Pertimbangan MUI, Perwakilan Dewan Pimpinan MUI seluruh Indonesia, dan Pimpinan Tingkat Pusat Ormas Islam.

Baca Juga

"Sebagai Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (Ikadi), mewakili semua pengurus, anggota dan simpatisan Ikadi yang tersebar di 24 pengurus wilayah (PW) di seluruh provinsi, lebih dari 400 pengurus daerah (PD) di kabupaten dan kota serta ribuan pengurus cabang dan ranting, kami menyambut baik sekaligus mengucapkan selamat dan sukses Mukernas MUI 2022," kata Ketua Umum Ikadi KH Ahmad Kusyairi Suhail melalui pesan tertulis kepada Republika.co.id, Jumat (9/12/2022).

Kiai Suhail mengatakan semoga Allah memberikan taufiq kepada MUI untuk mengoptimalkan perannya sebagai khadimul ummah (pelayan umat), shadiiqul hukumah (mitra pemerintah), dan himayatul ummah (menjaga umat) untuk menghantarkan kepada kemajuan umat dan bangsa.

 

Ia menyampaikan, Majelis Ulama Indonesia adalah wadah musyawarah para ulama, zuama, dan cendekiawan Muslim di Indonesia untuk membimbing, membina dan mengayomi kaum muslimin di seluruh Indonesia. Ikadi merupakan ormas Islam anggota MUI dan juga masuk dalam Dewan Pertimbangan MUI yang diketuai oleh KH Ma'ruf Amin.

"Berdasarkan penjelasan Ketua Steering Committee Mukernas ke-2 MUI, selain membahas tiga agenda utama, yaitu penguatan keorganisasian MUI, kegiatan prioritas Komisi Badan dan Lembaga MUI tahun 2023, juga akan akan membuat rekomendasi untuk kemaslahatan umat, kemajuan bangsa dan kedaulatan negara," ujar Kiai Suhail.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA