Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

PDIP Surabaya Targetkan Raih Lebih dari 20 Kursi pada Pemilu 2024

Jumat 09 Dec 2022 14:20 WIB

Red: Ratna Puspita

DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Surabaya, Jawa Timur, menyatakan tidak hanya menang hattrick (tiga kali berturut-turut), tetapi juga menargetkan meraih lebih dari 20 kursi DPRD setempat pada Pemilu 2024.

DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Surabaya, Jawa Timur, menyatakan tidak hanya menang hattrick (tiga kali berturut-turut), tetapi juga menargetkan meraih lebih dari 20 kursi DPRD setempat pada Pemilu 2024.

Foto: republika/mgrol100
Pada Pemilu 2019, DPC PDIP Surabaya mendapat 15 kursi legislatif.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Surabaya, Jawa Timur, menyatakan tidak hanya menang hattrick (tiga kali berturut-turut), tetapi juga menargetkan meraih lebih dari 20 kursi DPRD setempat pada Pemilu 2024. DPC PDIP Surabaya sudah menyiapkan sejumlah langkah strategis untuk menang hattrickpada pemilu.

"Kami juga menargetkan bisa meraih lebih dari 20 kursi setelah mendapat 15 kursi legislatif pada Pemilu 2019," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Adi Sutarwijono di Surabaya, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga

Menurut dia, partainya sudah melakukan pendaftaran bakal calon anggota legislatif di Surabaya. Ada sebanyak 102 pendaftar caleg. Semuanya sudah mengikuti psikotesoleh DPP PDI Perjuangan.

"Mereka ini berasal dari beragam latar belakang, di antaranya mantan birokrat, profesional, tokoh pemuda, dan mahasiswa," ujar dia.

Dia mengatakan, para bakal caleg tersebut nantinya diusulkan melalui mekanisme partai, kemudian dilakukan penyaringan. Setelah persetujuan dan penetapan oleh DPP PDI Perjuangan, mereka didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya.

Adi mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan penataan saksi melalui Badan Saksi Pemilu Nasional (BPSN) DPC PDI Perjuangan Surabaya. "Kami sudah mulai melakukan perekrutan saksi yang akan bekerja saat pemilu," kata dia.

Selain itu, pihaknya terus menambah jumlah kader dengan mencetak kartu tanda anggota (KTA) PDI Perjuangan. "Sekarang ini sudah hampir menyentuh 40.000 kader yang memiliki KTA PDI Perjuangan. Kami ada 7.500 pengurus," kata Adi.

Menurut dia, kader-kader partai tersebut bergerak secara berkelanjutan ke tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan-pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan. "Kader-kader PDI Perjuangan harus hadir di tengah-tengah masyarakat. Kader PDI Perjuangan harus hadir di tengah kesulitan masyarakat dan berusaha memecahkan persoalan-persoalan di tengah masyarakat dengan cara gotong royong," kata dia.

Adi yang juga Ketua DPRD Kota Surabaya ini menuturkan bahwa penyerapan keluhan atau aspirasi masyarakat oleh kader PDI Perjuangan penyalurannya secara berjenjang hingga ke Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Surabaya, kemudian diperjuangkan dalam pengambilan keputusan kebijakan di Surabaya.

"Di level kota, kami ada DPC, di level kecamatan ada PAC (pimpinan anak cabang), di level kelurahan ada ranting, dan di level RW ada anak ranting. Kami punya hampir 1.000 anak ranting di Surabaya," ujarnya.

Adi menegaskan bahwa kunci untuk mencapai target pada Pemilu 2024 adalah pergerakan partai yang berlangsung berkelanjutan dan intens setiap hari. Pada saat pandemi COVID-19, kata dia, kader turun membantu kesulitan masyarakat dengan membagikan sembako, penyemprotan disinfektan, membagikan masker, dan memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat.

"Ini artinya bahwa PDI Perjuangan turun di tengah masyarakat tidak hanya saat pemilu, tetapi secara berkelanjutan," kata Adi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA