Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Mukernas Ke-2 MUI: Perkuat Keharmonisan Berbagai Komponen Bangsa

Jumat 09 Dec 2022 13:04 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil

Mukernas Ke-2 MUI: Perkuat Keharmonisan Berbagai Komponen Bangsa. Foto:   Logo MUI

Mukernas Ke-2 MUI: Perkuat Keharmonisan Berbagai Komponen Bangsa. Foto: Logo MUI

Mukernas MUI untuk mempererat ukhuwah islamiyah.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Ke-2 Tahun 2022 di Jakarta pada 8-10 Desember 2022. Mukernas Ke-2 MUI ini mengusung tema ”Mengoptimalkan Khidmah Dalam Rangka Meningkatkan Kemaslahatan Umat.”

Ketua Steering Committee (SC) Mukernas Ke-2 MUI, Prof Utang Ranuwijaya, menyampaikan, maksud dan tujuan digelarnya mukernas adalah meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah wathaniyah di kalangan pengurus MUI dan tokoh Islam Indonesia. Dalam rangka memperkuat ikatan persatuan dan kesatuan antarpengurus MUI dan tokoh Islam Indonesia serta meningkatkan kerukunan, kedamaian, dan keharmonisan berbagai komponen bangsa.

Baca Juga

"Meningkatkan peran aktif MUI dalam ikhtiar bersama seluruh komponen umat Islam dalam kehidupan beragama, bermasyarakat dan berbangsa dalam rangka mewujudkan kemajuan umat dan kesejahteraan bangsa dalam wadah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945," kata Prof Utang kepada Republika, Jumat (9/12/2022).

Ia menambahkan, tujuan dari mukernas ini juga untuk memperteguh konsolidasi dan soliditas organisasi MUI dan program kerja MUI secara nasional.

 
fnMw8rlitF0

Ia menambahkan, tujuan lainnya dari mukernas adalah menjadi forum tukar pikiran dan berbagi pengalaman antarpeserta dan Dewan Pimpinan MUI Pusat dengan MUI daerah untuk memajukan organisasi dan umat Islam serta peningkatan peran MUI dalam kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan.

"Serta menjadi forum permusyawaratan evaluasi pelaksanaan kegiatan prioritas komisi, badan atau lembaga di lingkungan Dewan Pimpinan MUI Tahun 2022 dan aspek-aspek organisasi MUI lainnya," ujar Prof Utang.

Prof Utang menambahkan, mukernas juga bertujuan menjadi forum pembahasan dan pengesahan materi keorganisasian MUI. Menjadi forum pembahasan dan pengesahan kegiatan prioritas komisi dan badan atau lembaga di lingkungan Dewan Pimpinan MUI tahun 2023. Menjadi forum pembahasan dan pengesahan rekomendasi Mukernas II MUI 2022.

Mukernas Ke-2 tahun 2022 ini dihadiri pimpinan harian dewan pimpinan MUI, pimpinan dewan pertimbangan dewan pimpinan MUI, utusan pimpinan komisi/ badan/ lembaga dewan pimpinan MUI. Kemudian dewan pimpinan MUI provinsi, dan perwakilan ormas-ormas Islam tingkat pusat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA