Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Jokowi Minta Maaf ke Masyarakat yang Terganggu Pernikahan Putranya

Jumat 09 Dec 2022 12:32 WIB

Rep: C02/ Red: Ratna Puspita

Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai prosesi siraman dan sungkeman putra bungsunya, Kaesang Pangarep, di kediaman pribadinya di Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022) pagi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai prosesi siraman dan sungkeman putra bungsunya, Kaesang Pangarep, di kediaman pribadinya di Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022) pagi.

Foto: Republika/Alfian
Jokowi meminta masyarakat mendoakan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat mendoakan pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono. Ia. juga memohon maaf kepada masyarakat apabila merasa terganggu dengan prosesi pernikahan Kaesang-Erina.

"Sekali lagi kami ingin memohon maaf dan sebesar-besarnya apabila dalam proses ini yang dimulai dengan tadi pagi sungkeman dan siraman dan nanti sampai di tasyakuran di Pura Mangkunegaran apabila ada yang terganggu kenyamanannya kami sekeluarga mohon maaf sebesar-besarnya. terutamanya kepada masyarakat Jakarta dan masyarakat kota Solo," katanya usai prosesi siraman dan sungkeman Kaesang di kediaman pribadinya di Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022) pagi. 

Baca Juga

Ia juga menyampaikan harapan kepada pernikahan Kaesang. "Intinya kita sebagai orang tua mengharapkan dan juga mendoakan agar keluarga mas Kaesang Kedepan dapat menjadi keluarga yang sakinah mawadah warahmah," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, acara tradisi pranikah berjalan dengan lancar. Namun, ia menyampaikan, tangis anak bungsunya sempat pecah dalam prosesi itu.

"Alhamdulillah tadi prosesi untuk sungkeman dan prosesi untuk siraman sudah berjalan dengan baik lancar. Ibu Iriana dulu yang nangis trus mas Kaesang ikut nangis, mas Bobi yang nggak dianu (siraman) aja ikut nangis," katanya.

Sebanyak 7 sumber mata air dari Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan kediaman di Solo digunakan untuk prosesi siraman. Acara yang berlangsung di kediaman adalah prosesi Sungkeman, Penerimaan dan Pencampuran Air baru dilanjutkan dengan prosesi Siraman Calon Pengantin Putra.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA