Jumat 09 Dec 2022 13:27 WIB

Trofi Piala Dunia Bisa Menjadi Penutup yang Manis untuk Karier Dani Alves

Alves adalah pesepakbola dengan trofi terbanyak sepanjang masa.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Dani Alves dari Brasil beraksi selama pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Brasil dan Korea Selatan di Stadium 974 di Doha, Qatar, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Rungroj Yongrit
Dani Alves dari Brasil beraksi selama pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Brasil dan Korea Selatan di Stadium 974 di Doha, Qatar, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, AL RAYYAN -- Dani Alves, salah satu bek sayap terhebat yang pernah ada. Pada usia 39 tahun, ia masih aktif bermain.

Kini ia bagian dari tim nasional Brasil di Piala Dunia 2022. Ia membuat rekor sebagai jugador tertua Selecao yang mentas di turnamen terakbar tersebut. Itu ketika ia memperkuat negaranya melawan Kamerun.

Baca Juga

Saat ini Alves berkostum klub Meksiko UNAM Pumas. Kontraknya di UNAM hingga Juni 2023. Tepatnya saat yang bersangkutan berumur 40 tahun.

Sebelumnya, Alves bergabung dengan sejumlah tim besar. Ada Barcelona, Juventus juga Paris Saint Germain. Ia meraih segalanya di level klub. 

Secara teknis, ia termasuk bek sayap kreatif. Ia tak hanya piawai bertahan. Ia juga aktif membantu penyerangan dan melakukan penetrasi ke kotak penalti lawan.

Total Alves sudah mengoleksi 43 trofi. Di level klub, ia kenyang prestasi. Gelar Eropa, liga domestik, hingga interkontinental sudah dilahapnya.

Bersama timnas Brasil, Alves juga berjaya. Ia mengoleksi dua gelar Copa America dan satu medali emas Olimpiade. Hanya saja, ia seakan penasaran dengan sensasi mendapatkan mahkota Piala Dunia.

"Itu satu-satunya trofi yang lolos dari genggamannya," demikian laporan yang dikutip dari talksport.com, Jumat (9/12/2022).

Brasil favorit calon pemenang di Qatar. Andai Selecao berjaya, itu bisa menjadi penutup karier yang manis bagi Alves. Ia bukan hanya pesepak bola dengan trofi terbanyak, tapi juga lengkap nantinya. 

Beberapa jam lagi, skuad polesan Adenor Leonardo Bacchi jumpa Kroasia di perempatfinal Piala Dunia 2022. Duel tersebut berlangsung di Education City Stadium, Al Rayyan, Jumat (9/12/2022) malam WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement