Jumat 09 Dec 2022 12:15 WIB

Danilo Nikmati Bermain di Berbagai Posisi di Lini Belakang Timnas Brasil

Danilo kini jadi andalan Tite.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pelatih kepala Brasil Tite (kiri) dan pemain Danilo menghadiri konferensi pers menjelang pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia antara Brasil dan Kroasia di Doha, Qatar, Kamis, 8 Desember 2022.
Foto: AP/Andre Penner
Pelatih kepala Brasil Tite (kiri) dan pemain Danilo menghadiri konferensi pers menjelang pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia antara Brasil dan Kroasia di Doha, Qatar, Kamis, 8 Desember 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, AL RAYYAN -- Danilo da Silva salah satu sosok penting di lini belakang Brasil. Ia mampu bermain di semua area di pertahanan.

Posisi asli Danilo adalah bek kanan. Berjalannya waktu, ia belajar menjadi bek kiri. Tak jarang ia berperan sebagai gelandang bertahan dan bek tengah di Juventus.

Baca Juga

Selecao mendapat manfaat dari hal itu. Ketika bek kiri mereka dihantam cedera, ada Danilo di sana. Ia menikmati tantangan tersebut.

Beberapa jam lagi, Brasil menghadapi Kroasia di perempatfinal Piala Dunia 2022. Duel tersebut berlangsung di Education City Stadium, Al Rayyan, Jumat (9/12/2022) malam WIB. Danilo berpotensi mengisi tempat Alex Sandro.

"Saya harus menunggu dan melihat apakah Alex tersedia, sebelum melihat peran yang akan saya mainkan melawan Kroasia. Tidak ada bedanya bagi saya, bermain di kiri, kanan, atau di tengah. Saya membuktikannya berkali-kali," kata pesepak bola 31 tahun dalam konferensi pers, dikutip dari Football Italia.

Sebenarnya pelatih Leonardo Adenor Bacchi (Tite) membawa dua bek kiri ke Qatar. Selain Sandro, satunya lagi Alex Telles. Rupanya Telles juga terkapar.

Bek Sevilla yang dipinjam dari Manchester United itu dipastikan tidak akan tampil sampai turnamen ini berakhir. Alhasil Tite mencari langkah solutif. Danilo digeser ke kiri.

Sebagai gantinya, Eder Militao bermain sebagai bek kanan. Dani Alves menjadi pelapis Militao. Penggemar Brasil tak perlu khawatir akan ketersediaan stok palang pintu.

Gleison Bremer siap sedia jika Marquinhos dan Thiago Silva mengalami gangguan. Bisa juga Militao kembali berperan sebagai pelapis bek tengah. Itu dengan catatan, Sandro harus pulih secepatnya. 

Kemudian di lini tengah dan depan, Tite mempunyai segudang amunisi. Hanya Gabriel Jesus yang sudah kembali ke Arsenal karena cedera lutut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement