Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Vaksinasi Covid-19 Sukses, Ekonom Senior Apresiasi Jokowi dan Erick

Jumat 09 Dec 2022 10:32 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Menteri BUMN Erick Thohir mendamping Presiden Joko Widodo.  Hasil survei Poltracking menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat pada kinerja Presiden Jokowi dan sejumlah menteri masih tinggi. Salah satu menteri Jokowi yang mendapatkan tingkat kepuasan tertinggi adalah Menteri BUMN Erick Thohir.

Menteri BUMN Erick Thohir mendamping Presiden Joko Widodo. Hasil survei Poltracking menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat pada kinerja Presiden Jokowi dan sejumlah menteri masih tinggi. Salah satu menteri Jokowi yang mendapatkan tingkat kepuasan tertinggi adalah Menteri BUMN Erick Thohir.

Foto: Kementerian BUMN
Kinerja Presiden Jokowi terlihat kesuksesan vaksinasi yang dijalankan Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei Poltracking menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat pada kinerja Presiden Jokowi dan sejumlah menteri masih tinggi. Salah satu menteri Jokowi yang mendapatkan tingkat kepuasan tertinggi adalah Menteri BUMN Erick Thohir. Salah satu parameter kepuasan masyarakat pada kinerja Presiden dan Menteri BUMN adalah kesuksesan program vaksinasi Covid-19.

Kepuasan masyarakat dinilai ekonom senior yang juga terlibat dalam jaringan peneliti dunia untuk penanggulangan Covid-19, Drajad Wibowo, sebagai hal yang wajar. Sebagai peneliti, Drajad memberi apresiasi kepada Presiden Jokowi dan Erick Thohir atas kesuksesan vaksinasi di Indonesia. 

Drajad menilai langkah cepat Indonesia dalam mendorong program vaksinasi massal untuk 200 juta rakyat adalah kebijakan yang sangat krusial bagi penanggulangan Covid-19. Menurut Drajad, Presiden yang memimpin kebijakan strategis dan Menteri BUMN Erick Thohir yang memimpin di lapangan patut diapresiasi karena kini kehidupan masyarakat telah berangsur normal. 

"Sebagai peneliti Covid, saya sangat mendukung dan mengapresiasi terjaminnya vaksin ini. Apresiasi yang sangat obyektif disampaikan kepada Presiden Jokowi dengan kebijakan strategisnya dan Erick sebagai motor dari terjaminnya ketersediaan dan distribusi vaksin. Hasilnya sudah bisa dirasakan sendiri oleh masyarakat," ujar Drajad kepada wartawan Jumat (9/12/2022).

Drajad menilai secara umum Kementerian BUMN mampu bergerak efektif dengan memaksimalkan infrastruktur yang ada dalam penanggulangan Covid-19. Secara khusus dia menilai Erick Thohir mampu memanfaatkan jaringan di luar dan dalam negeri untuk memastikan adanya vaksin bagi masyarakat.

Menurut Drajad, tugas yang dilakukan Erick sangat berat dan detail. Selain mesti memastikan datangnya vaksin dari luar negeri secara cepat dan dalam jumlah besar, Erick juga mesti menyiapkan fasilitas pendukung vaksin tersebut. Hal itu diantaranya fasilitas penyimpanan vaksin yang dosisnya mencapai ratusan juta. 

"Saya mengetahui sendiri, Erick memanfaatkan jaringan globalnya untuk mendapatkan vaksin tersebut, baik dari Sinovac, Astrazeneca, Pfizer dan sebagainya. BUMN juga dikerahkan untuk menjamin distribusi vaksin ke seluruh pelosok Indonesia. Secara manajerial, ini adalah tugas yang sangat berat karena vaksin memerlukan pendingin dan berbagai perlakuan khusus lainnya," ucap Drajad.

Menurut dia, langkah yang dilakukan Erick itu patut mendapat apresiasi tinggi. Sebab dampaknya sangat signifikan bagi kehidupan masyarakat secara mikro maupun makro. Perlahan, kini masyarakat sudah bisa beraktivitas secara normal.

"Saat ini masyarakat bisa menjalankan aktifitas yang sudah mendekati kondisi sebelum pandemi. Aktivitas ekonomi juga sudah relatif normal. Itu semua bisa terwujud karena Indonesia bergerak cepat memastikan ketersediaan vaksin sejak awal vaksin mulai tersedia. Padahal saat itu sedang merebak nasionalisme vaksin, sehingga tidak mudah bagi negara sedang berkembang mendapatkannya lebih awal," lanjut Drajad.

Sebelumnya, hasil survei nasional Poltracking Indonesia yang dirilis Kamis (8/12/2022) lalu, mencatat peningkatan kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mencapai 73,2 persen. Menurut Direktur Poltracking Hanta Yudha, tingkat kepuasan terhadap kinerja Joko Widodo-Ma’ruf Amin sepanjang 2022 terus meningkat sejak Mei (59,6 persen), Agustus (66,2 persen) dan November (73,2 persen). 

Sementara itu, Erick Thohir dinilai responden sebagai salah satu menteri dengan kinerja terbaik. Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Erick mencapai 59,4 persen atau tertinggi kedua setelah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA