Saturday, 6 Rajab 1444 / 28 January 2023

Lima Kabupaten di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir Jumat-Sabtu

Jumat 09 Dec 2022 08:20 WIB

Red: Christiyaningsih

Semua pihak diminta waspada dampak hujan disertai petir dan angin kencang di Kaltim. Ilustrasi.

Semua pihak diminta waspada dampak hujan disertai petir dan angin kencang di Kaltim. Ilustrasi.

Foto: ANTARA/Abriawan Abhe
Semua pihak diminta waspada dampak hujan disertai petir dan angin kencang

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN - BMKG memprakirakan lima kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami hujan petir yang dapat disertai dengan angin kencang pada Jumat (9/12/2022) dan Sabtu (10/12/2022) sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampaknya.

"Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga

Informasi prakiraan cuaca ini telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisasi dampak ke masyarakat. Sebanyak lima kabupaten yang berpotensi hujan petir tersebut adalah Kabupaten Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Mahakam Ulu.

Ia merinci hujan petir di Kabupaten Berau diprakirakan terjadi pada Jumat sekitar pukul 17.00-20.00 Wita di Kecamatan Kelay dan Segah. Pada Jumat sekitar pukul 23.00 Wita hingga Sabtu sekitar pukul 05.00 Wita di 11 kecamatan yakni Tanjung Redeb, Maratua, Pulau Derawan, Tabalar, Batu Putih, Biatan, Biduk-Biduk, Gunung Tabur, Sambaliung, Talisayan, dan Teluk Bayur.

Di Kabupaten Kutai Barat pada Jumat sekitar pukul 23.00 Wita diprakirakan hujan turun di tujuh kecamatan yakni Sendawar, Melak, Barong Tongkok, Mook Manaar Bulatn, Nyuatan, Sekolaq Darat, dan Tering. Kabupaten Kutai Timur pada Jumat sekitar pukul 11.00 dan 17.00 Wita di Kecamatan Muara Wahau dan Busang, pukul 23.00 Wita diprakirakan terjadi di Kecamatan Kaliorang, Muara Ancalong, Sandaran, dan Kaubun.

Kabupaten Kutai Kartanegara pada Jumat sekitar pukul 23.00 Wita dan Sabtu dini hari diprakirakan hujan terjadi pada tiga kecamatan yakni Tabang, Kembang Janggut, dan Tenggarong Seberang. "Untuk Kabupaten Mahakam Ulu pada Jumat sekitar pukul 14.00 dan 20.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Apari dan Long Pahangai," ucap Ilham.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA