Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Fikom Unisba Laksanakan Online Visiting Lecturer dengan USIM Malaysia

Jumat 09 Dec 2022 05:09 WIB

Red: Rahmat Santosa Basarah

Fikom Unisba Laksanakan Online Visiting Lecturer dengan USIM Malaysia

Fikom Unisba Laksanakan Online Visiting Lecturer dengan USIM Malaysia

Foto: Unisba
'Mereka bisa merasakan kuliah dengan dosen dari luar negeri'.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Fakultas ilmu komunikasi Universitas Islam Bandung (Fikom Unisba) baru saja menyelesaikan rangkaian kegiatan online visiting lecturer bersama Universiti Islam Sains Malaysia (USIM). Kegiatan ini merupakan salah satu  bentuk implementasi  kerja sama dengan kampus di luar negeri yang merupakan tuntutan pendidikan tinggi di era saat ini.

Rangkaian kegiatan visiting lecturer ini berlangsung sejak 9 November 2022 hingga 8 Desember 2022 yang terdiri dari delapan  perkuliahan melalui aplikasi zoom. Empat perkuliahan diisi oleh dosen-dosen dari Fikom Unisba dan empat perkuliahan lainnya diisi oleh dosen dari  Faculty of Leadership and Management USIM. Peserta dari kegiatan ini adalah para mahasiswa dari kedua kampus dengan ketentuan, dosen Unisba mengajar untuk mahasiswa USIM dan sebaliknya dosen USIM mengajar untuk mahasiswa Unisba.

Menurut Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan Fikom Unisba, Dr Tresna Wiwitan, kegiatan ini memperkaya pengalaman tak hanya dosen tetapi juga mahasiswa Fikom Unisba. “Mereka bisa merasakan kuliah dengan dosen dari luar negeri, dan juga memperkaya pengetahuan mengenai situasi dan kondisi terkini di negara tetangga,” ujarnya sesuai penutupan kegiatan online visiting lecturer di Gedung Dekanat Unisba, Rabu (8/12). sebagai contoh, melalui salah satu perkuliahan bertema cultural communication, mahasiswa dan dosen Fikom Unisba mengetahui budaya dan tradisi di Malaysia dengan lebih baik. 

Kegiatan yang setiap kali dilaksanakan sekitar 1,5 jam ini juga mengapat sambutan hangat dari mahasiswa dan dosen kedua kampus tersebut. Hal ini terlihat dari jumlah peserta dari kedua kampus yang memenuhi ruang virtual zoom hingga lebih dari 200 peserta pada setiap kegiatan. Antusiasme peserta juga ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan pada setiap sesi perkuliahan.

Dosen-dosen Unisba yang menjadi narasumber dalam kegiatan online visiting lecturer adalah Prof Dr Neni Yulianita, Dr Yenni Yuniati,  Dr Dedeh Fardiah dan Dr Ferry Darmawan . Sedangkan dari pihak USIM, narasumbernya adalah Dr Sofia Hayati, Dr Rosidayu, Dr Wesam Almahallawi, dan Pn Selvarani. Tema-tema yang disampaikan selain komunikasi budaya adalah metode penelitian, etika media, periklanan dan produksi video.

“Kami berharap kerja sama ini bisa dilanjutkan dengan kegiatan serupa di masa yang akan datang, atau dengan kerja sama bentuk lainnya,” ujar Head of Communication Program, Faculty of Leadership and Management USIM, Dr. Norhayati Rafida, saat memberikan sambutan dalam acara penutupan kegiatan online visiting lecturer, Rabu (8/12). 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA