Tuesday, 16 Rajab 1444 / 07 February 2023

Polda Libatkan Unit K-9 dalam Pengamanan Tasyakuran Kaesang-Erina

Jumat 09 Dec 2022 00:23 WIB

Rep: C02/ Red: Ratna Puspita

Pura Mangkunegaran. Polda Jawa Tengah melibatkan 11 ekor anjing Unit K-9 untuk melaksanakan pengamanan acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Kota Surakarta.

Pura Mangkunegaran. Polda Jawa Tengah melibatkan 11 ekor anjing Unit K-9 untuk melaksanakan pengamanan acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Kota Surakarta.

Foto: Republika/Alfian
Ada sebelas ekor anjing ras jenis Belgian Malitnoise dan Golden Retriever terlibat.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Polda Jawa Tengah melibatkan 11 ekor anjing Unit K-9 untuk melaksanakan pengamanan acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Kota Surakarta. Sebelas ekor anjing ras jenis Belgian Malitnoise dan Golden Retriever turut terlibat dalam pengamanan acara tersebut.

"Anjing-anjing berkualifikasi pelacak itu, didatangkan Ditsamapta Polda Jateng dan delapan ekor lainnya dari polres jajaran," kata Kepala Sub Satuan Tugas (Kasubsatgas) Satwa Pengamanan Kegiatan Polda Jateng Kompol Tourakhman di Solo, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga

Tourakhman mengatakan selain dari Unit K-9 Ditsamapta Polda, satwa lain juga dilibatkan dalam tugas itu berasal dari sejumlah polres, seperti Polres Kendal, Polresta Surakarta, serta beberapa polres di wilayah Soloraya. Anjing-anjing tersebut, kata dia, terlatih dan akan ditempatkan di tiga titik strategis, yaitu tempat awal kirab di Loji Gandrung, sepanjang rute kirab, dan lokasi tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

"Ada 26 personel Polri dan 11 ekor anjing ras yang ditugaskan di Subsatgas Satwa ini. Mereka disebar di tiga titik, yaitu Loji Gandrung, perlintasan kirab, dan Pura Mangkunegaran," kata Tourakhman yang sehari-hari bertugas di Ditsamapta Polda Jateng. 

Namun, lanjut dia, yang terbanyak ditempatkan di sepanjang perlintasan kirab yaitu enam ekor anjing. "Kami tugas pokoknya nanti pelacakan, fokus pada sterilisasi bahan peledak di sekitar lokasi kegiatan," katanya

Ia menjelaskan kegiatan sterilisasi merupakan prosedur rutin yang dilakukan Polri dalam mengamankan suatu kegiatan penting. Masyarakat diharapkan tidak perlu takut akan kehadiran anjing-anjing dari Unit K-9 Polri di lapangan.

"Satwa ini cukup familier dan berpengalaman. Namun, satwa ini, sangat awas dan teruji dalam menjejak bahan peledak di suatu lokasi," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA