Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, Pengajian Tertutup Digelar di Kediaman Jokowi

Kamis 08 Dec 2022 22:11 WIB

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Gita Amanda

Suasana di kediaman Erina Gudono H-1 jelang digelarnya rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, (ilustrasi).

Suasana di kediaman Erina Gudono H-1 jelang digelarnya rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, (ilustrasi).

Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Diharapkan dengan pengajian proses pernikahan berjalan lancar dan penuh berkah

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pihak keluarga Presiden Joko Widodo menggelar pengajian menjelang tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono di Solo. Pengajian digelar secara tertutup di kediaman pribadi Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (8/12/2022) sore.

Menurut keterangan kakak kandung Irama Jokowi, Haryanto mengatakan bahwa pengajian tersebut digelar mulai pukul 16.00-17.30 Wib. Pihaknya menjelaskan bahwa pengajian digelar agar rangkaian acara pernikahan putra bungsu presiden Jokowi Kaesang dengan Erina dapat berjalan dengan lancar.

"Tadi pengajian simaan (menyimak Alquran) biar lancar besok mas Kaesang dan mbak Erina dalam menjalankan semua prosesi," kata Haryanto usai pengajian, Kamis.

Baca juga : Surya Paloh tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang, Ini Alasannya

Pihaknya juga mengatakan bahwa kegiatan hanya dihadiri oleh keluarga saja alias berlangsung secara tertutup. Setidaknya ada puluhan orang yang hadir baik dari kelompok pengajian Tulisari maupun keluarga.

"Jadi intinya itu yang hadir cuma terbatas saja keluarga saja serta kelompok pengajian masjid tulisari sekitar 20 orang. Kalau bapak (Jokowi) sudah otewe tapi mas Bobi Gibran mbak Selvi mbak kahiyang. Ibu sudah dirumah, ada," katanya.

Sebelumnya, kegiatan khataman juga dilakukan di kediaman rumah calon mempelai wanita di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. "Ngaji itu kita khataman, semaan 30 juz, terdiri atas 15 tim, nanti satu tim itu dua juz. Durasi kurang lebih maksimal dua jam selesai. Setelah itu tutup doa," kata Muhaimin.

Baca juga : Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang-Erina Dibuka dengan Semaan Al-Quran

Dalam pengajian tersebut juga disiapkan air yang akan digunakan dalam prosesi siraman besok. Pihak keluarga berharap dengan pengajian tersebut seluruh rangkaian prosesi pernikahan Kaesang dan Erina bisa berjalan dengan lancar dan penuh keberkahan.

"Di situ ngaji itu ada air yang untuk siraman, di doakan, mudah-mudahan semuanya barokah, aman. Air untuk siraman, separuh dikirim ke Solo, separuh untuk Erina di sini setelah dicampur dari beberapa sumber," lanjutnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA