Kamis 08 Dec 2022 21:18 WIB

Masjid di Inggris Kembali Raih Penghargaan, Ini Kelebihan Konsep Madinat al-Zahranya

Masjid di Bradford Inggris meraih penghargaan berkat rancangan arsitekturnya

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Bendera Inggris. Masjid di Bradford Inggris meraih penghargaan berkat rancangan arsitekturnya
Foto: Andi Rain/EPA-EFE
Bendera Inggris. Masjid di Bradford Inggris meraih penghargaan berkat rancangan arsitekturnya

REPUBLIKA.CO.ID, TEHRAN — Sebuah masjid yang sedang dibangun di Bradford, sebuah kota di Inggris utara, memenangkan penghargaan nasional atas rencana pembangunannya di masa depan. Masjid tersebut sedang dibangun di Bartle Lane, di daerah Great Horton. 

Dilansir dari IQNA, Kamis (8/12/2022), proyek Madinat al-Zahra memenangkan Beacon Best Future Mosque Design Awards 2022, setelah lebih dari 300 entri diajukan dan tiga terpilih. 

Baca Juga

Proyek tersebut merupakan proyek unggulan dari Minhajul Quran International. Bangunan baru tersebut akan mencakup masjid besar dengan kompleks pendidikan, pusat komunitas, aula serbaguna untuk olahraga dan pernikahan serta unit ritel dengan kafe dan fasilitas asrama penuh waktu. 

Kepala Administrasi, Huzaifa al-Yamani, menganggap penghargaan tersebut sebagai sebuah kehormatan bagi muslim dan bagi semua orang di Bradford.  

“Proyek ini tidak hanya melayani umat Islam tetapi masyarakat luas dengan satu-satunya tujuan pendidikan,” kata dia.  

“Menciptakan institusi yang tidak ada contohnya di Inggris dan Eropa, ini akan meletakkan dasar bagi semua proyek masa depan untuk menciptakan ruang inklusif di mana semua orang merasa diterima,” tambahnya.  

Sebelumnya,  Masjid pertama yang dibangun di daerah Berkshire tepatnya di Kota Maidenhead, Inggris menjadi salah satu masjid yang akan menerima penghargaan Masjid Beacon Inggris 2022. 

Ialah Masjid dan Pusat Islam Maidenhead yang telah berdiri sejak 1983. Masjid ini masuk dalam nominasi Masjid dengan perkembangan terbaik. 

Penghargaan ini bertujuan untuk mengetahui para pengurus masjid yang telah menunjukan kualitas luar biasa dalam pengelolaan masjid. 

 

Bangunan masjid telah menjadi landmark yang terkenal bagi umat Islam dan non-Muslim. Perkembangan terakhir, masjid telah direnovasi yang dapat menampung lebih banyak orang. Selain itu memiliki fasilitas wudhu modern, ruang pertemuan, seminar dan berbagai acara.

Masjid dan Pusat Islam Maidenhead telah menginspirasi masjid lainnya dengan menyediakan berbagai layanan holistik, budaya bagi komunitas Maidenhead, mengacu pada nilai-nilai dan warisan Islam dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan meningkatkan kohesi.

 

 

Sumber: iqna    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement