Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Ingin Jago Memasak? Kuasai Sembilan Keterampilan Ini

Kamis 08 Dec 2022 21:00 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Ada sejumlah keterampilan memasak yang cukup penting dan wajib dikuasai.

Ada sejumlah keterampilan memasak yang cukup penting dan wajib dikuasai.

Foto: www.freepik.com
Ada sejumlah keterampilan memasak yang cukup penting dan wajib dikuasai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak semua orang bisa sangat ahli dalam memasak, tetapi mempelajari beberapa teknik dapur dasar bisa jadi keterampilan hidup yang cukup penting. Belajar memasak tidak perlu bertujuan menjadi ahli atau chef, melainkan kebutuhan sehari-hari.

Berikut sembilan keterampilan dasar yang cukup penting, salah satunya bagi pemula, dikutip dari laman The Manual, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga

 

1. Cara memegang pisau

Pegangan yang tepat pada pisau mengartikan lebih banyak efisiensi dan kecepatan saat memotong bahan dan memberikan hasil yang lebih estetis.

Genggaman yang perlu dikuasai disebut "pegangan jepit". Lakukan dengan mencubit tumit mata pisau dengan ibu jari dan jari telunjuk, hanya menyisakan jari tengah, manis, dan kelingking untuk mengepal gagangnya. 

 

2. Cara memasak pasta dengan benar

Sebagai aturan umum, memasak pasta dilakukan selama dua hingga tiga menit. Pasta harus selalu selesai dimasak dengan saus yang menyertainya sehingga kedua bahan itu digabungkan dalam wajan panas. Pasta dan saus tidak boleh disajikan di atas piring, meski kebiasaan ini tampaknya sangat umum.

 

3. Cara menghancurkan bawang putih

Banyak resep makanan membutuhkan bawang putih, entah itu diiris, dicincang, dihaluskan. Satu hal yang perlu konsisten adalah menghilangkan kulit tipisnya. Caranya dengan meletakkan siung bawang putih di atas talenan, di bawah bilah pisau, dan dengan hati-hati tapi kuat, tekan bilah untuk menghancurkannya. Bawang putih siap digunakan sesuai kebutuhan resepnya.

 

4. Cara memanggang kentang

Untuk memanggang kentang yang sempurna, atur oven ke 204 derajat celcius. Setelah dicuci bersih, tusuk beberapa kali potongan kentang dengan garpu. Ini akan memungkinkan uap keluar selama memanggang. 

Langkah selanjutnya yang tidak boleh dilakukan adalah membungkusnya dengan kertas timah karena bisa gagal mengembangkan kulit yang garing. Bergantung pada ukuran kentang, panggang selama sekitar 50 menit hingga satu jam. 

 

5. Cara memotong bawang

Bawang memiliki dua ujung: batang dan akar. Buang ujung batangnya, lalu iris bawang secara vertikal (ujung ke ujung) menjadi dua. Kupas kulit bawang tipis dan buang.

Letakan bawang merah dengan sisi rata di atas talenan, pegang bagian atas dengan kuat dengan tangan non-pisau. Buat satu hingga tiga (tergantung ukuran bawang) irisan horizontal melalui bawang, bekerja dari sisi ke sisi, tanpa memotong akar. Buat empat hingga lima potongan vertikal dari atas ke bawah, bergerak dari satu ujung ke ujung lainnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA