Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Percepat Digitalisasi, Mitratel Gandeng Univesitas Telkom

Jumat 09 Dec 2022 05:26 WIB

Rep: m nursyamsi/ Red: Hiru Muhammad

PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau (Mitratel) menggandeng Universitas Telkom dalam pengembangan riset dan teknologi. Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko atau Teddy mengatakan kerja sama tersebut merupakan tindaklanjut komitmen perusahaan dalam meningkatkan digitalisasi infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.

PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau (Mitratel) menggandeng Universitas Telkom dalam pengembangan riset dan teknologi. Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko atau Teddy mengatakan kerja sama tersebut merupakan tindaklanjut komitmen perusahaan dalam meningkatkan digitalisasi infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.

Foto: istimewa
Mitratel dan Universitas Telkom akan membangun infrastrutur dan teknologi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk atau (Mitratel) menggandeng Universitas Telkom dalam pengembangan riset dan teknologi. Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko atau Teddy mengatakan kerja sama tersebut merupakan tindaklanjut komitmen perusahaan dalam meningkatkan digitalisasi infrastruktur telekomunikasi di Indonesia.

"Kerja sama dengan Universitas Telkom akan mendorong percepatan perkembangan industri telekomunikasi menuju visi Indonesia 2045," ujar Teddy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga

Teddy menyampaikan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU merupakan upaya serius dari Mitratel untuk pengembangan digitalisasi infrastruktur telekomunikasi dan mendukung sistem pendidikan dan pengembangan riset serta teknologi. Mitratel sebagai tower provider terbesar di Asia Tenggara, ucap Teddy, terus berkomitmen memberikan kontribusi dalam percepatan digitalisasi Indonesia.

"Saat ini Mitratel telah memiliki lebih dari 35 ribu menara telekomunikasi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan telah dimanfaatkan seluruh operator telekomunikasi," ucap Teddy.

Teddy menjelaskan bentuk kerja sama ini meliputi riset dalam bidang Disain & Prototyping yang meliputi New Smart Pole, Design Pole in IKN, Magnetic Infinty Power Generator, Water Fuel Power Generator dan Infinity life batteries bank. Selain itu, ucap Teddy, kerja sama juga dilakukan dalam bidang Implementation seperti Aplikasi IOT (environmental control), Aplikasi berbasis Edge Computing (layanan smart campus), dan Aplikasi material Tower non Baja.

"Kerja sama ini kami harapkan memberi dampak yang positif bukan hanya dalam lini bisnis kami, namun juga untuk sistem pendidikan masa depan demi digitalisasi industri telekomunikasi di Indonesia," lanjut Teddy.

Dalam rangka menjalankan bisnis infrastruktur, Teddy sampaikan, Mitratel  sebagai perusahaan penyedia digital infrastruktur telekomunikasi membutuhkan riset untuk penyempurnaan produk dan layanan serta optimalisasi sumber daya agar dapat tetap tumbuh dan berkembang. Teddy menegaskan komitmen Mitratel untuk terus memperluas kerja sama dengan perguruan tinggi di Indonesia agar mempercepat peningkatan SDM dalam negeri.

"Hal ini akan berdampak positif pada upaya Indonesia dalam melakukan pengembangan SDM agar sejajar dengan negara maju di dunia. Dengan semangat sinergi, Mitratel berkomiten mendukung kemajuan sektor pendidikan Indonesia dengan dukungan pengembangan riset dan teknologi," kata Teddy.

Rektor Universitas Telkom Adiwijaya mengatakan dukungan Mitratel akan memberikan dampak positif bagi universitas dengan sistem dan fasilitas, serta sumber daya yang siap dioptimalisasikan untuk bisnis digital dan industri telekomunikasi. Ia menyambut positif kerja sama ini dan optimistis dapat melahirkan talenta unggul yang dapat mendukung percepatan transformasi digital di industri telekomunikasi di Indonesia.

"Nota kesepahaman ini untuk menciptakan kerja sama yang saling bermanfaat baik bagi

Mitratel dan Universitas Telkom," kata Adiwijaya.

 

Muhammad Nursyamsi

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA