Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Ketua MPR: Jokowi Sukses Hadapi Pandemi Covid-19 dan Diakui Dunia

Kamis 08 Dec 2022 20:24 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani

Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/12/2022). Berdasarkan hasil survei terbaru Poltracking Indonesia, mayoritas publik menyatakan puas atas kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. (ilustrasi)

Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/12/2022). Berdasarkan hasil survei terbaru Poltracking Indonesia, mayoritas publik menyatakan puas atas kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. (ilustrasi)

Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menurut Bamsoet, Jokowi berhasil merealisasikan berbagai agenda strategis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mengaku tak terkejut jika kepuasan publik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap tinggi. Pasalnya, Jokowi berhasil merealisasikan berbagai agenda strategis.

Salah satu capaian yang berhasil diukir oleh Jokowi adalah kesuksesannya dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Bahkan, Jokowi membawa Indonesia sebagai salah satu negara dengan penanganan Covid-19 terbaik di dunia.

Baca Juga

"(Angka) ini adalah sesuatu yang menurut saya, masyarakat tidak terlampau terkejut. Karena pencapaian sukses Jokowi menghadapi Covid-19 diselesaikan dengan sangat baik dan diakui oleh dunia," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet itu dalam rilis daring yang digelar Poltracking Indonesia, Kamis (8/12/2022).

Jokowi juga sukses memacu keterlibatan Indonesia berperan aktif pada agenda-agenda internasional. Salah satunya adalah suksesnya memimpin kegiatan Presidensi G20 yang diselenggarakan di Bali beberapa waktu lalu.

Di samping itu, Jokowi juga sukses menjaga pertumbuhan ekonomi nasional, sekaligus menahan laju inflasi. Berbagai program dan kebijakan yang direalisasikan Jokowi bersama menteri-menterinya diakui sangat baik.

"Berbagai kebijakan ekonomi dan kebijakan lain sudah sangat baik sehingga kita mampu bertahan di pertumbuhan 5 persen," ujar Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu.

Poltracking Indonesia pada hari ini merilis hasil survei terkait evaluasi kinerja pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin jelang berakhirnya 2022. Hasilnya, mayoritas publik percaya terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, yakni sebesar 73,7 persen.

Angka 73,7 persen itu terbagi atas 19,3 persen yang menyatakan sangat percaya dan 54,4 persen menjawab cukup percaya. Sedangkan 18,3 persen menyatakan tidak percaya, yang terbagi menjadi kurang percaya (15,1 persen) dan sangat tidak percaya (3,2 persen).

"Publik yang mengatakan percaya (gabungan sangat percaya dan cukup percaya) terhadap kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Ma'ruf Amin 73,7 persen," ujar Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR dalam rilis daringnya, Kamis.

Selanjutnya, mayoritas publik juga menyatakan puas dengan dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Sebanyak 20,4 persen menyatakan sangat puas dan 52,8 persen menjawab cukup puas.

Adapun 19,0 persen menyatakan tidak puas, yang terbagi menjadi kurang puas (16,3 persen) dan sangat tidak puas (2,7 persen). Sebanyak 7,8 persen lainnya menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

 

photo
Infografis Jabatan Presiden 3 Periode - (republika/kurnia)
 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA