Kamis 08 Dec 2022 19:10 WIB

Kian Bermunculan, Jenama Lokal Berpotensi Jadi Trendsetter

Merek lokal berpotensi jadi 'trendsetter' di industri fashion.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Trunk Show Tokopedia Fashion Week (TFW) 2022 di Jakarta.
Foto: Republika/Santi Sopia
Trunk Show Tokopedia Fashion Week (TFW) 2022 di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fashion lokal Indonesia terbukti bertumbuh pesat, kendati dianggap sempat dipandang sebelah mata. Bermunculannya jenama lokal membuktikan fashion Indonesia bisa bersaing dan kian memudahkan konsumen.

Menurut Pemilik Usaha Amazara, Uma Hapsari, tentu rancangan fashion lokal bisa jadi trendsetter atau benchmark. Para pelaku industri fashion di Indonesia terus mengembangkan gaya lokal dan modest. 

Baca Juga

Setiap harinya merek berkutat dengan interaksi di market tersebut. Hal ini membawa potensi bahwa fashion lokal akan jadi tren, diikuti, bahkan secara global, sangat tinggi.

“Diharapakannya seperti itu, saya sendiri melihat konsumen modest maupun bukan, dua-duanya potensial sekali,” kata Uma dalam acara media briefing Tokopedia Fashion Week (TFW) 2022 di Jakarta, Kamis (8/12/2022). 

Untuk TFW 2022, Amazara menyuguhkan total 15 gaya koleksi Platform Sandals X ilustrator fashion, Dinda Puspitasari. Warna-warna yang ditampilkan mulai dari hitam dan putih, hijau sebagai tone lebih cerah hingga halus seperti pink kuda.

Pemilik Usaha KAMI, Istafiana Candarini, mengatakan jika beberapa tahun lalu pakaian untuk wanita berhijab saja masih cukup jarang, maka sekarang sudah mudah didapat di mana-mana. Dia pun menilai industri ini akan terus tumbuh bahkan menghadirkan teen tersendiri.

“Pemerintah juga sudah mencanangkan beberapa rencana dan harapannya juga ketika turis datang mereka mengenal karakter fashion Indonesia,” kata Istafiana. 

Beberapa koleksi yang dihadirkan kami seperti top, parka, tunik dan scarves. Arti dari lambang bunga yang dibawa kami pada koleksi kali ini menggambarkan setiap kekuatan wanita.

Bunga mawar menggambarkan seoranf wanita yang punya gairah terhadap aktivitas yang dilakukannya. Bunga lili melambangkan kasih sayang seorang ibu. Jadi, setiap motif bunga mewakili sifat-sifat dan pengalaman berbeda para wanita. Sehingga setiap wanita bisa terus saling mendukung satu sama lain.

TFW 2022 juga menggandeng brand terkenal lainnya, seperti Nadjani dan Clouwny. Koleksi Nadjani hadir dengan kesan penuh warna dan motif yang cukup ramai. Begitu juga Clouwny, penuh motif dengan pilihan kimono dan rok lilit khas Indonesia. 

Category Development Senior Lead Tokopedia, Aldhy Darmayo mengatakan, kategori fashion jadi salah satu yang paling diminati konsumen. Beberapa daerah di luar Jawa bahkan memiliki tingkat pembelian tertinggi.

“Daerah dengan peningkatan jumlah paling tinggi untuk fashion seperti Bukittinggi, Simalungan, Kotawaringin, Pare-Pare dan lainnya,” kata dia.

TFW menjadi kampanye tahunan dengan menggandeng pegiat usaha fashion khususnya UMKM lokal demi mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan akan berbagai produk. 

Pada TFW 2022, sederet pegiat usaha lokal menghadirkan berbagai koleksi eksklusif produk yang hanya akan tersedia di Tokopedia, seperti daily wear, fashion muslim dan modest wear. Melalui Hyperlocal, Tokopedia juga memudahkan para pelaku usaha lokal maupun konsumen agar lebih mudah mendapatkan barang impian. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement